Resmi Diberangkatkan, Ini Daftar Atlet Banyumas Raya Andalan Kontingen Jateng di PON Papua

Oleh Muhamad Ridlo pada 23 Sep 2021, 02:30 WIB
Diperbarui 23 Sep 2021, 02:30 WIB
Pemberangkatan atlet PON Papua asal Banyumas secara virtual. (Foto: Liputan6.com/KONI Banyumas)
Perbesar
Pemberangkatan atlet PON Papua asal Banyumas secara virtual. (Foto: Liputan6.com/KONI Banyumas)

Liputan6.com, Banyumas - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Banyumas melepas keberangkatan atlet kabupaten setempat yang menjadi andalah kontingen Jawa Tengah untuk mengikuti PON Papua, Rabu (23/9/2021).

Pelepasan ini dilakukan melalui upacara virtual oleh Ketua Umum KONI Kabupaten Banyumas, Bambang Setiawan. Selain itu pelepasan secara virtual juga dihadiri oleh anggota DPR Adi Satria.

Bambang mengatakan atlet Banyumas yang mewakili Jawa Tengah harus mempunyai semangat juang yang tinggi untuk bisa meraih prestasi terbaik. Para atlet diharapkan bisa membawa nama harum Kabupaten Banyumas di ajang Pekan Olahraga Nasional atau PON Papua nanti.

"Kami berharap pada para atlet-atlet kami bisa mengharumkan nama Kabupaten Banyumas khususnya, dan Jawa Tengah pada umumnya" ujar Bambang, melalui keterangannya.

Senada, Adi Satria meminta agar para atlet yang mewakili Jawa Tengah bisa membawa nama Banyumas dan Jawa Tengah di ajang PON Papua. Untuk menyemangati para atlet yang akan bertanding Adi Satria memberikan sumbangan dana kepada para atlet yang akan ikut tanding ke PON.

Pelepasan secara virtual yang dihadiri seluruh atlet yang akan bertanding dalamajang PON Papua itu disambut dengan semangat yang tinggi oleh para atlet. Pada akhir upacara pelepasan, para atlet juga menyanyikan lagu 'Bagimu Negeri'.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Daftar Atlet Asal Banyumas Raya

Atlet Taekwondo Jateng asal Banyumas, Besta Noviana. (Foto: Liputan6.com/KONI Banyumas)
Perbesar
Atlet Taekwondo Jateng asal Banyumas, Besta Noviana. (Foto: Liputan6.com/KONI Banyumas)

Wilayah Banyumas Raya menyumbang 31 atlet dan enam pelatih serta dua pendukung teknis, untuk kontingen Jawa Tengah di ajang PON Papua 2021.

Kabupaten Banyumas mempertahankan tradisi sebagai penyumbang terbanyak, dengan 18 atlet, tiga pelatih dan dua pendukung teknis. Urutan ke dua Kabupaten Banjarnegara yang mengirim delapan atlet dan tiga pelatih. Sementara, Cilacap turut andil dengan mengirimkan tiga atlet dan Purbalingga dua atlet.

“Para duta olahraga itu merupakan pilihan yang terbaik untuk membela provinsi ini di ajang multieven nasional empat tahunan tersebut,” kata Wakil Ketua Umum 3 KONI Banyumas Bidang Perencanaan, Program dan Anggaran, Iksanto, dalam keterangannya, Selasa(7/9).

Dia menjelaskan, atlet daerahnya yang masuk kontingen berasal dari cabang olahraga bola tangan empat orang. Yakni, taekwondo (3), sepak takraw (3), paralayang (3), atletik (2), menembak, senam dan panahan masing-masing satu orang.

Daftar atlet Kabupaten Satria itu Rangga FM Jaladara (menembak), Fredela Metika (senam), Pratama Gilang, Fikri Dwi Amaluna, Anisa Dwi Rahmawati dan Agustina Dini (bola tangan), Laura Risky Yulian (panahan), Atina Nurkamila Intan Bahtiar (atletik/lempar lempinng) dan Novianto (atletik lari gawang 4x400).

Dari cabang taekwondo, Jauza Rona Hasan, Besta dan Beste, pemain sepak takraw meliputi Rohman Hidayat, Raha Tria Shabrina, dan Oriska Kharisma Indrasawi. Atlet olahraga dirgantara yang bakal melayang di udara Papua terdiri atas Eka Nesti, Muhibin dan Damar Azis.

Untuk pelatih, tambah Iksanto, M Dian Nafi Putra (taekwondo), Wihandana (gantole), dan Iwan Heri Setiawan alias Lipo (panjat tebing). Tenaga pendukung teknik Martin Sudarmono (panahan), dan Rasiwan (sepak takraw).

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Atlet Asal Banjarnegara, Cilacap dan Purbalingga

Terpisah, Ketua Umum KONI Banjarnegara Nurohan Ahong menjelaskan, atlet binaanya yang memperkuat Jateng adalah Giovani Savitri, Anggita Dian Permata, dan Vijay Aditya Syah (ketiganya bola voli), Triana Ragil Rahmayana (pencak silat), Ashifa Helsa Ashuroh, dan Dainovien Marcmourrel D.A.S (selam), Margareta Kretapradani (renang) dan Wiji Listiani Sari (atletik).

Pelatih terdiri atas Arif Kusliyanto (bola voli), Lutfan Budi S (pencak silat), dan Bambang Haryanto (selam). ''Ini sumbangsih dunia olahraga Banjarnegara untuk Jawa Tengah, semoga para atlet mampu meraih hasil maksimal,” ucap Ahong.

Dari Cilacap, Sekretaris Umum KONI Kuspriyanto menjelaskan, tiga atlet yang masuk kontingen adalah Sarwanto dari cabang binaraga, Winda (selam) dan Ulfah (muaythai).

Sementara, Ketua KONI Purbalingga Eko Susilo mengatakan atlet daerahnya yang berangkat ke Papua meliputi Arifianto Firmansyah (atletik) dan Susan Nur Hidayah (panjat tebing).

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya