Sukses

Revitalisasi Lapangan Merdeka, Pemprov Sumut Janji Bantu Pemko Medan Rp 100 Miliar

Wali Kota Medan, Bobby Nasution, membawa sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menghadiri rapat koordinasi dengan Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Senin (20/9/2021).

Liputan6.com, Medan Wali Kota Medan, Bobby Nasution, membawa sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menghadiri rapat koordinasi dengan Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Senin (20/9/2021).

Bobby menjelaskan sejumlah proyek yang akan segera dibangun di Medan. Yang terdekat revitalisasi Lapangan Merdeka Medan. Dan yang tak kalah penting normalisasi sungai di Kota Medan untuk mencegah banjir.

Kepala Badan Pengembangan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Medan, Benny Iskandar, ditugaskan Bobby memaparkan proyek yang akan dikerjakan. Teknis, kendala dan kebutuhan biaya dengan gamblang disampaikan.

Pertama, untuk revitalisasi Lapangan Merdeka menjadi lebih bagus dibutuhkan anggaran sebesar Rp 174 miliar. Gubernur Edy sangat mendukung rencana revitalisasi Lapangan Merdeka. Karena dalam semangat revitalisasi, Lapangan Merdeka dikembalikan menjadi ruang terbuka hijau.

Gubernur Edy kemudian memerintahkan Kepala Bappeda Sumut membantu memberikan dana sekitar Rp 100 miliar untuk revitalisasi Lapangan Merdeka Medan.

"Akhir tahun akan dilakukan tender, sehingga awal Januari 2022 pelaksanaan revitalisasi Lapangan Merdeka bisa dilaksanakan," kata Bobby.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Benahi 3 Sungai

Sedangkan untuk penanggulangan banjir, salah satu yang akan dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Medan adalah membenahi 3 sungai utama, yaitu Sungai Bedera, Babura, dan Sungai Deli.

Dibutuhkan anggaran yang tak sedikit. Untuk normalisasi Sungai Bedera butuh dana sebesar Rp 71,8 miliar. Sedangkan pembebasan lahan di sekitar Sungai Babura butuh dana Rp 1,3 triliun. Untuk pembenahan Sungai Deli butuh dana sebesar Rp 180 miliar lebih.

Terkait hal tersebut, dibutuhkan koordinasi yang maksimal antara Kota Medan dengan Kabupaten Deli Serdang hingga Kota Binjai. Dan dijembatani oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut.

3 dari 3 halaman

Sambut Baik

Kepala Bappeda Medan, Benny Iskandar, menyambut baik bantuan yang akan diberikan Pemprov Sumut.

"Sejauh ini Pak Wali sudah sering berkoordinasi dengan Dirjen di kementerian terkait, BWS hingga Kabupaten Deli Serdang. Adanya bantuan dari Pemprov Sumut akan lebih baik dan mempercepat pelaksanaan revitalisasi serta normalisasi sungai," ucap Benny.

"Jadi kita akan tunggu realisasi bantuan itu sambil terus berkoordinasi dengan OPD Pemprov Sumut," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.