Sukses

Gowes Santai Sambil Wisata Pagi di Jalan Siliwangi Cirebon, Banyak Jajanan Enak

Pemkot Cirebon resmi membuat jalur khusus sepeda di sepanjang Jalan Siliwangi. Ayo gowes sambil berwisata kuliner.

Liputan6.com, Cirebon - Pemkot Cirebon resmi membuat jalur khusus sepeda di sepanjang jalan Siliwangi. Pembuatan jalur sepeda tersebut sebagai bagian dari upaya eksplorasi wisata Kota Cirebon.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon Andi Armawan mengatakan, jalur Siliwangi menjadi pilihan pertama karena di kawasan tersebut terdapat sejumlah potensi wisata.

Mulai dari wisata alun-alun Kejaksan Kota Cirebon hingga kuliner yang tersebar di beberapa titik kawasan Jalan Siliwangi.

"Antusias masyarakat mengendarai sepeda juga terbilang masih tinggi sehingga bisa menjadi salah satu cara menikmati wisata dalam kota," ujar Andi Armawan saat meninjau kesiapan jalur sepeda di Jalan Siliwangi Kota Cirebon, Jumat (17/9/2021).

Panjang jalur sepeda di Jalan Siliwangi Kota Cirebon mencapai 1,5 km. Mulai dari perempatan lampu merah Kejaksan sampai ke lampur merah Krucuk dan sebaliknya.

Andi menyebutkan, di kawasan tersebut terdapat beberapa objek wisata dalam kota. Seperti Alun-alun Kejaksan, Balai Kota Cirebon, Stasiun Cirebon sampai wisata kuliner.

"Jalan Siliwangi dipilih karena sebagai pusat pemerintahan dan kawasan ini merupakan titik ramai jadi sebagai upaya penertiban juga," ujar Andi.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sosialisasi

Dalam uji coba jalur sepeda tersebut, terdapat beberapa kendaraan terlihat masih terparkir. Andi menegaskan, kendaraan yang masih terparkir di jalur sepeda akan dikempesi paksa.

Dia meminta kepada juru parkir yang ada di kawasan jalan Siliwangi agar membantu sosialisasi kepada masyarakat pengguna jalan di kawasan tersebut.

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan Polres Cirebon Kota dan Satpol PP untuk bersama-sama sosialisasi mengenai jalur sepeda ini," ujar Andi.

Dia mengaku, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui jalur khusus yang digunakan untuk sepeda. Kedepan, Dishub Kota Cirebon akan membuat jalur sepeda di kawasan ruas jalan lain.

Namun, belum diketahui kapan pengembangan jalur sepeda di jalan lain dibuat. Andi mengatakan, jalur sepeda di Jalan Siliwangi menjadi titik awal keberhasilan membangun di ruas jalan yang lain.

"Ini anggaran kan juga masih terbentur dengan recofusing jadi baru di kawasan jalan Siliwangi dulu. Mungkin tahun-tahun kedepan bisa dibuat di ruas jalan lain," kata Andi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.