Sukses

Akhirnya Status Gunung Agung Turun ke Level 1

Salah satu gunung tertinggi di Indonesia, Gunung Agung, per Senin (11/9/2021) turun status menjadi level 1 atau status normal. Artinya, Gunung Agung sudah bisa digunakan untuk aktivitas apa pun, termasuk pendakian.

Liputan6.com, Denpasar - Status Gunung Agung di Karangasem Bali, per Senin (11/9/2021) dinyatakan turun level dari sebelumnya level II (waspada) menjadi level 1 (normal). Kepala Badan Geologi, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Andiani mengatakan Gunung Agung terlihat dalam periode 1 Januari hingga 13 September 2021 didominasi asap tipis setinggi 20-50 meter dari puncak Gunung Agung tiap harinya.

Data deformasi dalam kurun waktu satu tahun terakhir menunjukkan bahwa perubahan tekanan dalam sistem vulkanik Gunung Agung cenderung stabil dan belum mengindikasikan adanya akumulasi tekanan magma yang baru.

"Erupsi terakhir pada 13 Juni 2019 pukul 01.38 Wita. Kini didominasi embusan gas vulkanik yang cenderung lemah, ini jelas mengalami penurunan. Berdasarkan pengamatan visual dan instrumental maka tingkat aktivitas Gunung Agung diturunkan dari level II (waspada) ke level I (lokal) terhitung mulai tanggal 13 September 2021 pukul 13.00 Wita," katanya dalam keterangan resmi yang diterima Liputan6.com, Senin (13/9/2021).

Untuk diketahui tingkat kegempaan didominasi gempa tektonik lokal, tektoni jauh, vulkanik dalam dan embusan dengan rincian sebanyak 7 kali gempa embusan, 1 kali gempa vulkanik dangkal, 12 kali gempa vulkanik dalam, 72 kali gempa tektonik lokal dan 404 kali gempa tektonik. Andini menyebut itu merupakan tingkat penurunan aktivitas Gunung Agung.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rekomendasi untuk Pendaki dan Wisatawan

"Anomali panas di permukaan kawah terakhir terdeteksi oleh satelit modis pada Bulan Oktober 2019 lalu dan setelah itu anomali panas tidak lagi teramati," ujar dia.

Sementara itu, aktivitas Gunung Agung mengalami penurunan potensi bahaya primer untuk saat ini dapat berupa gas beracun di sekitar kawah Gunung Agung.

Tak hanya itu, dalam tingkat aktivitas Gunung Agung ke level 1 (normal), masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki/pengunjung/wisatawan direkomendasikan agar membatasi aktivitas di area kawah Gunung Agung. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.