Sukses

Pertama di Sumsel, Klinik di Musi Banyuasin Fasilitasi Vaksin Gotong Royong Gratis

Klinik SMC di Musi Banyuasin Sumsel menjadi faskes yang menyediakan vaksin gratis secara gotong royong.

Liputan6.com, Palembang - Untuk mengakomodir kebutuhan vaksinasi COVID-19 ke masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin Sumatera Selatan (Sumsel) menyediakan fasilitas kesehatan (faskes) bagi masyarakat.

Namun bukan faskes biasa. Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin, meresmikan Gedung Klinik Sehati Medical Center (SMC) di Kecamatan Tungkal Jaya, Musi Banyuasin. Di sini, warga Musi Banyuasin bisa mendapatkan vaksinasi gratis, secara gotong royong.

Pelaksanaan vaksinasi dilakukan secara keroyokan, oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Musi Banyuasin, puskesmas, Rumah Sakit di Musi Banyuasin.

Lalu, ada kolaborator vaksinasi, yakni adalah TNI, Polri, Badan intelijen Negara (BIN) yang akan mulai vaksin door to door di bulan September 2021. Bahkan vaksinasi gratis sudah digelar sejak awal bulan lalu.

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan, Kecamatan Tungkal Jaya sudah mencetak sejarah, dalam pelaksanaan vaksinasi gratis secara gotong royong di Sumsel.

Menurutnya, hanya sedikit di Indonesia, vaksin gotong-royong yang disediakan. Kali ini, PT Lonsum memberikan 2.516 dosis vaksin untuk karyawan, yang dibayarkan oleh perusahaan secara gratis,”

“Karyawan dan keluarganya, tidak keluar biaya dan meringankan beban pemerintah. Ini merupakan usulan dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin), berdasarkan arahan Presiden RI Joko Widodo," ungkanya, yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Kadin Sumsel.

Ia mengapresiasi PT Lonsum dan masyarakat Tungkal Jaya di Musi Banyuasin, atas dukungannya terhadap program pemerintah yaitu mendukung pelaksanaan vaksin gotong royong.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Klinik SMC Musi Banyuasin

Dodi Reza berharap kehadiran Klinik SMC Musi Banyuasin tersebut, dapat bermanfaat bagi masyarakat. Serta selalu memberikan pelayanan terbaik, bagi masyarakat serta bisa berkembang lebih baik.

Dia mengatakan, sektor kesehatan sangatlah penting di dalam menunjang pembangunan di Musi Banyuasin, khususnya di Kecamatan Tungkal Jaya.

“Saya berharap agar masyarakat sadar, bahwa pelayanan kesehatan ini dapat dimanfaatkan masyarakat sebaiknya. Dan berfungsi untuk meningkatkan kesehatan, dan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Dodi berpesan, agar tenaga kesehatan (nakes) melayani masyarakat secara tulus dan ikhlas. Dan bagi masyarakat Musi Banyuasin, tidak harus sakit ke klinik, tidak harus berobat saja, namun bisa juga untuk konsultasi kesehatan. Sehingga tidak harus menunggu sakit untuk ke klinik.

"Saya juga ingatkan, tolong jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan. Harapan saya kita semua selalu sehat," ungkapnya.

 

3 dari 3 halaman

Vaksin Gotong Royong

Kepala klinik SMC Ading Rohadi menuturkan, berdirinya gedung Klinik SMC, berkat dukungan dari PT Lonsum yang juga memberikan bantuan vaksin gotong royong.

Menurutnya, klinik ini juga ditujuk langsung oleh Dinkes Musi Banyuasin, untuk memfasilitasi pelayanan vaksin gotong royong.

"Alhamdulillah, Klinik MSV mendapatkan vaksin gotong royong 2.516 dosis, dengan jumlah 1008 orang yang sudah di vaksinasi termasuk hari ini target vaksinasi kita sebanyak 61 orang. Semoga vaksinasi yang kita lakukan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dan karyawan PT Lonsum," ucapnya.

Yadi, salah satu warga Musi Banyuasin Sumsel mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan pihak terkait, yang telah melaksanakan vaksinasi COVID-19.

"Senang mendapatkan vaksinasi gratis. Apalagi semua instansi sangat kompak. Semoga bisa merata di seluruh Musi Banyuasin," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.