Sukses

Hal Menggembirakan Terungkap Saat Bobby Nasution dan Kapolda Sumut Cek Vaksinasi Covid-19

Proses vaksinasi Covid-19 di Kota Medan telah melampaui angka standar nasional, yakni 35 persen. Hal itu terungkap saat Wali Kota Medan, Bobby Nasution, dan Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Panca Putra mengecek vaksinasi terhadap mahasiswa.

Liputan6.com, Medan Proses vaksinasi Covid-19 di Kota Medan telah melampaui angka standar nasional, yakni 35 persen. Hal itu terungkap saat Wali Kota Medan, Bobby Nasution, dan Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Panca Putra mengecek vaksinasi terhadap mahasiswa.

Bobby dan Panca mengecek vaksinasi Covid-19 di Aula UMN Jalan Garu 1, Kecamatan Medan Amplas, Senin (6/9/2021).

Sejauh ini, vaksinasi di Kota Medan telah berada di angka 40 persen dengan rincian 400 ribu lebih masyarakat telah mendapatkan dosis pertama, dan 300 ribu lebih telah disuntik dosis kedua. Dipersentasekan, jumlah itu telah berada di atas 35 persen dari target nasional.

Tak heran dari sejumlah rapat dengan kementerian via zoom selama ini, Kota Medan yang belum genap setahun dipimpin Bobby telah banyak mendapat pujian secara nasional. Hal itu diketahui Kapolda Sumut, Irjen Panca Putra.

"Medan vaksinasinya sudah di atas 35 persen, nomor 1 secara nasional. Saya tahu itu dari Menko Perekonomian, salut kita untuk kinerja Wali Kota Medan," kata Panca.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fokus 4 Instruksi Presiden 

Dibenarkan Bobby, pihaknya sampai saat ini berfokus pada penerapan 4 intruksi presiden dalam memerangi Covid-19. Pembatasan mobilitas masyarakat, gencar melakukan tracing dan testing, membangun tempat isolasi terpusat, dan terakhir menyukseskan program vaksinasi.

Diungkapkan Bobby, 4 langkah itu telah berdampak pada terus turunnya angka positif Covid-19 di Kota Medan dalam 2 pekan terakhir ini.

"Tracing dan testing, Pemko Medan sebanyak 3000-an per hari. Nah, itu akan bertambah karena kita minta di fasilitas kesehatan swasta agar melaporkan setiap warga yang testing," sebut Bobby.

Sedangkan untuk vaksinasi, saat ini kebijakan Bobby adalah mendekat kepada masyarakat secara mikro. Dari fasilitas kesehatan yang dipunya Pemko Medan, harus bisa memberi dosis vaksin yang dekat dengan masyarakat.

"Dari 80 Faskes yang kita punya, sekitar 41 kita aktifkan beri vaksin kepada masyarakat. Di Puskesmas, agar lebih dekat kepada masyarakat," sebut menantu Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu.

"Sampai saat ini yang sudah divaksin di atas 400 ribu masyarakat untuk dosis satu, dan 300 ribuan untuk dosis kedua. Persentasenya sudah di atas standar nasional, dan kita terus memberikan vaksin kepada masyarakat bila vaksin telah tersedia," lanjut suami Kahiyang Ayu tersebut.

3 dari 3 halaman

Vaksinasi Tingkat Pelajar 

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Medan, Adlan menjelaskan, untuk vaksinasi di tingkat pelajar di Kota Medan, saat ini sebanyak 1.000 siswa usia 12 tahun ke atas sudah divaksin. Sedangkan untuk guru dan tata usaha sekolah sudah sekitar 16 ribuan yang mendapatkan vaksin dari total 20 ribuan guru di Kota Medan.

"Guru dan tata usaha sekolah sudah maksimal di angka 86 persen sudah kita vaksin. Siswa sudah 1.000 dan akan bertambah. Kita gandeng kerja sama juga dengan TNI-Polri, nanti mungkin kerja sama dengan Polda Sumut," terangnya.

Rektor UMN, Hardi Mulyono, mengucapkan terima kasih atas kehadiran Kapolda Sumut dan Wali Kota Medan.

"Vaksinasi ini upaya kita dalam membantu bangsa ini pulih kembali. Saya ucapkan terima kasih atas kolaborasi yang sangat baik," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.