Sukses

KESMI-Mabes Polri Sukses Gelar Vaksin Merdeka Presisi ke Pelajar di Depok

Pelajar SMP-SMA Madani Depok mengikuti vaksinasi massal, yang digelar oleh KESMI-Mabes Polri dalam program Vaksin Merdeka Presisi.

Liputan6.com, Palembang - Vaksinasi COVID-19 di Indonesia, terus digencarkan pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota. Bahkan, pemerintah pusat sudah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 99 Tahun 2020, tentang Pengadaan dan Pelaksanaan Vaksin.

Untuk bisa mempercepat vaksinasi COVID-19, Kesatuan Mahasiswa Indonesia (KESMI) DKI Jakarta didukung oleh Mabes Polri, menggelar Vaksin Merdeka Presisi, di SMP-SMK Madani Depok Jawa Barat (Jabar).

Acara vaksinasi massal tersebut, menyediakan 500 dosis vaksin bagi siswa SMP dan SMK Madani Depok, beserta orang tua murid, pada hari Selasa (31/8/2021) lalu.

Menurut Afandi, anggota KESMI DKI Jakarta dan Ketua Pelaksana Vaksin Merdeka Presisi, vaksinasi massal diprioritaskan kepada pelajar dan orang tua murid, dalam rangka Heard Imunity menuju proses belajar tatap muka bulan depan.

“Upaya ini dalam rangka menekan laju angka penyebaran COVID-19, sehingga menurunnya angka terjangkit,” ucapnya, Rabu (1/9/2021).

Vaksinasi tersebut berjalan dengan lancar, dengan target awal 500 dosis vaksin. Tim Bidokes Mabes Polri pun turun tangan, untuk melaksanakan penyuntikan vaksin.

Diakuinya, ada beberapa kendala di lapangan, seperti soal Nomor Induk Kependudukan (NIK), yang tidak terdaftar di sistem, yang akhirnya tidak bisa mengikuti vaksinasi. Serta pertimbangan kesehatan, yang tidak memungkinkan pelajar dan orang tua murid untuk divaksin.

Ada sebanyak 503 orang terdaftar untuk divaksinasi. Namun yang divaksin sebanyak 492 orang dan yang gagal vaksin 12 orang, ada sisa 8 dosis vaksin.

Alhamdulilliah, vaksinasi COVID-19 berjalan lancar, meskipun ada beberapa kendala termasuk 12 orang gagal vaksin,” katanya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Vaksinasi Dilanjutkan

Dia juga berterima kasih atas partisipasi pihak SMP-SMA Madani Depok dan Mabes Polri, yang sudah memberikan kepercayaan dan amanah sebagai penyelenggaran Vaksin Merdeka Presisi.

“Kita berharap, vaksin dosis kedua akan berlanjut pada tanggal 28 September 2021 mendatang,” ucapnya.

Mabes Polri diwakili Kombes Pol Andika Vishnu selaku Sosbud Intelkam Mabes Polri berpesan ke para pelajar dan orang tua murid yang hadir, untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes).

“Terimakasih kepada adik-adikku dan para orang tua murid, yang telah antusias mengikuti dan mendukung acara Vaksin Merdeka Presisi. Kami menegaskan, tetap disiplin dalam penerapan prokes,” ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.