Sukses

Restoran Padang Vegan Pertama di Indonesia Bagi-Bagi 21.000 Makanan Non-Daging Bernutrisi

Badai pandemi sudah memukul berbagai macam sektor. Saatnya berbagi sesuatu yang bermanfaat bagi kesehatan manusia, salah satunya makanan bernutrisi. Manusia sehat maka bumi pun akan kembali 'sehat'.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 sudah mewabah lebih dari 1,5 tahun di Indonesia. Dari bencana ini, manusia belajar bahwa kesehatan bumi ditentukan oleh kesehatan setiap makhluk.

Kesejahteraan dan keberlangsungan hanya bisa terwujud melalui kepedulian terhadap kelestarian bumi dan kemauan untuk membantu sesama. sebuah gerakan bertajuk #BerbagiLoka lahir sebagai wujud untuk mencukupi kebutuhan nutrisi antar sesama.

Dengan kondisi yang ada sekarang adalah sebuah kebutuhan akan asupan makanan bernutrisi untuk menunjang imunitas.

Untuk menaklukkan pandemi, sebanyak mungkin masyarakat Indonesia perlu memiliki imunitas yang baik. Dengan berbagi 21.000 makanan vegan bernutrisi pada tahun 2021, #BerbagiLoka terus memperjuangkan kesehatan sesama sekaligus berdampak nyata terhadap kelestarian bumi.

Inisiator #BerbagiLoka dan juga Owner Loka Padang, Irene Umar mengatakan 21.000 makanan vegan bernutrisi pada tahun 2021 ini ditujukan kepada para pejuang kesehatan termasuk dokter, perawat, staf fasilitas pelayanan kesehatan terutama puskesmas dan RSUD khusus Covid-19.

Kemudian kepada petugas palang hitam di TPU-TPU yang melayani korban Covid-19, warga dan tenaga kesehatan melalui lokasi isoman terpusat seperti Rusun Nagrak, fasilitas sosial seperti rumah singgah pasien tidak mampu, panti lansia, panti asuhan, sekolah informal.

Selanjutnya, korban bencana banjir dan kebakaran, masyarakat marjinal dan duafa seperti warga di lapak pemulung, pekerja harian, dan pekerja kasar. Lalu kepada pasukan warna warni dan relawan satgas Covid-19.

"Sejak Juli 2021, bantuan makanan bernutrisi juga diberikan kepada tenaga kesehatan dan warga melalui #KotakKebaikan di puskesmas dan kelurahan untuk mendukung program vaksinasi," kata Irene.

Dengan berbagi makanan vegan, lanjutnya, selain memberikan dukungan nutrisi, juga memiliki dampak nyata terhadap kelestarian bumi termasuk menghemat 1.388 liter air bersih.

Di samping itu juga menyelamatkan 0,93 meter persegi lahan hutan, mengurangi 3 kilogram emisi karbon dioksida, mengalokasikan kembali 6 kilogram biji-bijian pangan untuk konsumsi manusia, dan sebagainya.

"Melalui 21.000 makanan vegan di tahun 2021, #BerbagiLoka sudah menciptakan dampak baik terhadap bumi," jelasnya.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dampak Terhadap Bumi

Irene menjelaskan, dampak baik yang dimaksud di antaranya, menghemat 29.147.216 liter air bersih (setara dengan 728.680 kali mandi), menyelamatkan 19.552 meter persegi hutan bebas (setara dengan berkontribusi 13.7 ton oksigen).

Mengurangi 63.724 kilogram emisi karbon dioksida (setara dengan mengurangi perjalanan dengan mobil sejauh 252.372 kilometer) dan mengalokasikan 126.724 kilogram biji-bijian pangan untuk pangan manusia (setara dengan kebutuhan pangan 909 orang setahun) serta menyelamatkan nyawa 6.879 hewan.

Menurutnya, makanan yang dibagikan juga diolah menggunakan sebanyak mungkin bahan pangan hasil tanam petani lokal DKI Jakarta.

Hasil tanam terbaik untuk kesehatan warga dan bumi adalah yang terdekat. Sebagai negara agraris dengan kekayaan alam yang luar biasa, seharusnya kebutuhan pangan dan nutrisi masyarakat Indonesia bisa terpenuhi dengan produk pangan lokal.

21.000 makanan vegan di tahun 2021 yang memanfaatkan hasil tanam lokal juga memperpendek jejak karbon dan mendukung kesejahteraan petani Jakarta.

"Sebagai sebuah gerakan yang diinisiasi oleh sebuah UMKM kuliner yang sangat terdampak pandemi, #BerbagiLoka bisa berbagi 21.000 makanan vegan bernutrisi karena banyaknya orang-orang baik, mulai dari perorangan hingga instansi pemerintah," ujarnya.

#BerbagiLoka adalah aksi kebaikan yang diinisiasi oleh Loka Padang, restoran Padang vegan pertama di Indonesia.

Sejak pertama kali diadakan pada Februari 2019, #BerbagiLoka sudah berbagi lebih dari 30.000 porsi makanan vegan bernutrisi kepada berbagai penerima yang membutuhkan.

Dengan terwujudnya target berbagi 21.000 makanan vegan pada 2021, #BerbagiLoka berharap akan lebih banyak pihak yang peduli dan mau berbagi sehingga bisa mewujudkan target selanjutnya, yaitu berbagi 100.000 makanan vegan bernutrisi.

"Melalui kepedulian terhadap sesama dan semangat kolaborasi, kita akan bisa melalui pandemi dan berkontribusi menjaga kelestarian bumi," ia menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.