Sukses

Kondisi Terkini Pembangunan Akses Tol Bandara Kertajati dan Cipali

Proyek pembangunan tersebut menjadi kebanggaan tersendiri sekaligus bentuk perwujudan filosofi pengelola Tol Cipali untuk kemudahan akses.

Liputan6.com, Cirebon - Upaya meningkatkan konektivitas akses ke BIJB Kertajati Majalengka ke Tol Cipali terus dilakukan. Seperti pembangunan jalan tol akses BIJB Kertajati Majalengka ke Cipali. Akses ini akan menghubungkan langsung Tol Cipali menuju BIJB Kertajati.

Direktur Operasi ASTRA Tol Cipali Agung Prasetyo mengatakan, proyek pembangunan tersebut sudah menyelesaikan tahap pekerjaan rigid pavement pada Phase1. Dia memastikan akses tersebut akan mempermudah konektivitas kendaraan umum maupun logistik.

"Khususnya dalam menunjang proyek Segitiga Rebana yang diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat," kata Agung, Senin (30/8/2021).

Dia menyebutkan, dalam pembangunan tol akses dengan total panjang jalan sekitar 3,7 kilometer. Akses jalan tersebut memiliki lebar lajur 3,6 meter yang memiliki jumlah 4 lajur untuk 2 arah.

Menurutnya, proyek pembangunan tersebut menjadi kebanggaan tersendiri sekaligus bentuk perwujudan filosofi pengelola Tol Cipali. Agung menyebutkan, saat ini progres pembangunan sudah lebih dari 95 persen.

"Diharapkan penyelesaian pekerjaan pembangunan Jalan Tol Akses BIJB Kertajati dapat di akhir September yang kemudian dilakukan proses uji layak ooperasi oleh Kementerian PUPR dalam hal ini Bina Marga dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) beserta instansi terkait," kata Agung.

Agung menambahkan, pembangunan Akses BIJB pada phase 2 segera diselesaikan dalam pekan ini. Selanjutnya, kata dia, pekerjaan fokus pada pemasangan fasilitas jalan di akses jalan Tol Cipali.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konektivitas

Seperti rambu, lampu penerangan jalan, dan juga area simpang susun jalan tol akses yang mengusung icon dengan kearifan lokal daerah Jawa Barat.

"Pekerjaan pada rigid pavement pada phase 1 sudah rampung sejak minggu lalu. Diharapkan jalan tol akses dapat dioperasikan pada awal bulan November 2021. Tentunya hal ini merupakan salah satu peningkatan layanan konektifitas yang kami lakukan kepada pengguna jalan," jelas Agung Prasetyo Direktur Operasi ASTRA Tol Cipali.

Dia berharap, akhir Agustus pembangunan phase 2 dirampungkan. Sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan pemasangan marka jalan, rambu-rambu dan lampu penerangan jalan.

Agung mengatakan, upaya peningkatan layanan konstruksi yang dilakukan di wilayah Kertajati dapat menjadi penghubung dan membuka potensi ekonomi di wilayah Kertajati.

"Pengguna jalan dapat memantau informasi lainnya dengan mengakses media sosial ASTRA Tol Cipali seperti website, Instagram dan twitter @astratolcipali serta youtube ASTRA Tol Cipali," kata Agung.

Agung menyebutkan, keberadaan Cipali di lima wilayah ini menjadi salah satu bukti nyata dalam penerapan Catur Dharma Astra. Tidak hanya memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jalan, tetapi juga menjadi manfaat bagi bangsa dan negara.

"Sebagai konektiivitas pertumbuhan ekonomi jalur trans Jawa khususnya bagi 5 (lima) wilayah Kabupaten yang dilalui Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka, dan Cirebon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.