Sukses

Aksi Relawan Gabungan Banyumas Gotong Royong Cegah Penyebaran Covid-19

Kasus Covid-19 di Kelurahan Kedungwuluh, Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten [Banyumas](4625320 "") meningkat sejak bulan Agustus 2021

Liputan6.com, Banyumas - Kasus Covid-19 di Kelurahan Kedungwuluh, Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas meningkat sejak bulan Agustus. Hal ini mengundang keprihatinan elemen masyarakat yang tergabung dalam Forum Relawan Lintas Organisasi (Fortasi). Fortasi kemudian menggelar penyemprotan disinfektan ke pusat-pusat layanan publik dan fasilitasumum untuk mencegah penyebaran virus korona, Minggu (29/8/2021).

Fortasi terdiri atas Serayu Rescue, Relawan ODGJ Banyumas, Satria Reptil Banyumas, Ansor Banser, Satgas Covid 19 desa, Babinsa, Babinkantibmas, mahasiswa UIN Saifudin Zuhri Purwokerto, dan mahasiswa Universitas Muhamadiyah Purwokerto.

Fortasi memulai penyemprotan dari kantor Kelurahan Kedungwuluh pukul 08.00 WIB. Penyemprotan menargetkan wilayah RW I yang terdiri dari delapan RT. Wilayah ini menjadi sasaranpenyemprotan karena banyak warga yang terkomfirmasi postif Covid-19.

Dari data Satgas Covid-19 Kabupaten Banyumas, di Kelurahan Kedungwuluh terdapat empat orang pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit. Sementara yang meninggal dunia mencapai 19 orang.

"Fortasi mengadakan penyemprotan massal ke tempat-tempat umum yang sering terjadi kerumunan untuk mencegah tersebarnya virus," kata Sudjadmiko, koordinator Fortasi didampingi Pembina Fortasi, Eddy Wahono.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

50 Personel Gabungan

Sebanyak 50 personel gabungan yang terbagi dalam lima tim turun dalam penyemprotan disinfektan di Kedungwuluh. Penyemprotan selesai pukul 13.00 WIB.

"Kami selalu siap dalam kegiatan kemanusiaan khususnya dalam penanggulangan wabah Covid-19," ujarnya.

Selain Kedungwuluh, penyemprotan disinfektan juga telah merambah ke desa-desa di Kecamatan Rawalo, Sumpiuh, dan Karanglewas pada hari Minggu lalu. Dalam menjalankan tugas ini, Fortasi mendapat dukungan dari BPBD, PMI, TNI dan POLRI.

Lurah Kedungwuluh, Siswoyo mengaku terbantu dengan kerja-kerja relawan Fortasi. Iapun menyampaikan rasa terimakasinya kepada para relawan dalam penanganan pandemi di Kedungwuluh.

"Peran Keterpaduan lintas dinas dan masyarakat yang menyatu diharapkan dapat mengurangi merebaknya wabah Covid-19 di Kelurahan Kedungwuluh,"

Para relawan juga mengingatkan masyarakat agar menaati protokol kesehatan. Sebab, protokol kesehatan yang terdiri dari mencuci tangan menggunakan sabun, memakai masker dan menjaga jarak menjadi cara ampuh mencegah penularan Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.