Sukses

LIPI Temukan Beberapa Jenis Fitoplankton Berbahaya di Teluk Kodek Lombok Utara

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menemukan beberapa jenis fitoplankton berbahaya di Teluk Kodek, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menemukan beberapa jenis fitoplankton berbahaya di Teluk Kodek, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Peneliti Balai Bio Industri Laut (BBIL) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Varian Fahmi, Selasa (24/8/2021) mengatakan, dari kegiatan penelitian dan pemantauan di Teluk Kodek, tercatat ada 66 spesies, di antaranya ada beberapa jenis fitoplankton yang berbahaya baik toksik maupun non toksik.

"Beberapa jenis fitoplankton dapat menguntungkan manusia namun sebagian lainnya dapat merugikan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui jenis-jenis fitoplankton di laut, khususnya yang berada di Teluk Kodek, Lombok Utara," katanya.

Varian menuturkan, beberapa jenis fitoplankton yang hidup di perairan memiliki peran dalam jaringan makanan dan proses biogeokimia di laut.

Fitoplankton juga berperan penting dalam memproduksi kebutuhan oksigen dunia dan siklus biogeokimia secara global karena penggunaan senyawa karbon dalam proses fotosintesis. Varian menuturkan di Teluk Kodek, kelimpahan fitoplankton pada bulan-bulan di awal dan akhir tahun lebih tinggi dibanding pertengahan tahun.

Beberapa jenis dari genus Gonyaulax mampu menghasilkan toksin yang bisa menyebabkan kelumpuhan dan berujung kematian pada manusia, dan penyakit itu dikenal dengan keracunan kerang paralitik atau Paraytic Shellfish Poisoning (PSP).

Kemudian, terdapat beberapa spesies dari genus Ceratium yang tergolong berbahaya namun bersifat non toksik yang ditemukan di Teluk Kodek.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fitoplankton di Teluk Kodek

Beberapa spesies tersebut di antaranya Ceratium furca yang dapat menyebabkan kematian pada ikan seperti golongan ikan bawal, dan Ceratium fusus yang dapat menyebabkan anoksia di dasar perairan sehingga menyebabkan kematian pada larva invertebrata.

Ada juga beberapa spesies dari genus Dinophysis yang ditemukan di Teluk Kodek dapat menghasilkan racun yang disebut asam okadaat (okadaic acid) sehingga termasuk dalam fitoplankton berbahaya.

Penyakit yang disebabkan racun tersebut dikenal dengan keracunan kerang diaretik atau Diarrhetic shellfish poisoning (DSP).

Keracunan DSP pada manusia, lanjutnya, dapat terjadi karena mengonsumsi hewan laut bercangkang terutama kerang yang sudah mengandung asam okadaat.

Gejala yang diakibatkan penyakit tersebut adalah gangguan pencernaan atau diare, mual, dan muntah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.