Sukses

Bertempur Lawan Covid-19 di Palu, Relawan Roa Jaga Roa Bekali Diri

Sejumlah sukarelawan di Kota Palu mengikuti pelatihan perlindungan diri agar aman saat membantu menangani warga yang terpapar Covid-19.

Liputan6.com, Palu - Sejumlah relawan Roa Jaga Roa atau yang berarti warga bantu warga di Kota Palu, mengikuti pelatihan perlindungan diri, agar aman saat membantu menangani warga yang terpapar Covid-19.

Pelatihan yang digelar Jumat (20/8/2021) itu juga untuk meminimalisasi risiko terpapar virus saat para relawan berinteraksi atau kontak dengan warga yang terjangkit Covid-19.

Pelatihan itu menekankan pada standar penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) yang wajib dikenakan sukarelawan, mulai dari saat membantu penanganan kesehatan, pendampingan, hingga evakuasi ke RS.

“Ini penting agar setiap orang yang membantu pasien tetap aman,” kata Koordinator Isolasi Terpadu Bapelkes, Hj Fitri yang menjadi pemateri dalam pelatihan di Jalan Rajawali No 28, Kota Palu tersebut, Jumat (20/8/2021).

Materi diberikan kepada peserta dengan detail mulai dari mencuci tangan yang benar, pemakaian sarung tangan lateks, dan baju hazmat.

Sejak dibentuk 25 Juli, 2021, hingga 14 Agustus posko sukarelawan 'Roa Jaga Roa' sudah menangani lebih dari 500 warga terpapar Covid-19. Tidak hanya memberikan bantuan pangan.

Komunitas sukarelawan terbesar di Kota Palu itu juga memantau kondisi warga yang bergejala hingga mengevakuasi ke RS jika kondisi kesehatan warga yang isoman memburuk.

“Kami berharap dapat menolong warga dan teman-teman sukarelawan rescue juga tidak tertular," kata Andi Kaimuddin, salah seorang relawan. 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.