Sukses

10 Tempat Hits yang Wajib Dikunjungi Saat Berkunjung ke Solo

Kalian sedang berada di Solo atau sedang merencanakan mendatangi kota tersebut? pastikan kalian baca ulasan di bawah ini untuk mendapatkan rekomendasi tempat-tempat keren di wilayah Solo Raya. Yuk, cekidot....

Liputan6.com, Solo - Meski tengah dalam masa Pemberlakuaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) namun Anda tetap bisa merencanakan berlibur atau singgah di Kota Solo, Jawa tengah ini saat PPKM sudah tak diberlakukan.

Aturlah rencana berlibur ke daerah tersebut dan tenang tak usah risau karena kami telah siapkan ulasan terkait tempat-tempat hits yang wajib dikunjungi di Wilayah Solo Raya. 

Penasaran tempat hitsnya ada di mana, yuk simak ulasan di bawah ini:

1. Keraton Kasunanan surakarta

Komplek Keraton Kasunanan Surakarta yang berada di Jalan Sidikoro tersebut dibagi menjadi beberapa bagian, di antaranya alun-alun kidul dan lor, Kemandungan Kidul dan Lor, Siti Hinggil Kidul dan Lor, Sri Manganti Kidul dan Lor, Kamagangan, Kedaton dan Sasana Sumewa, di mana setiap komplek memiliki fungsi yang berbeda.

Wisatawan bisa mengunjungi Keraton Kasunanan Surakarta mulai Hari Senin hingga Kamis pada pukul 09.00-14.00 WIB dan Hari Sabtu dan Minggu dimulai pukul 09.00-15.00 WIB.

2. Pasar Gede

Pasar Gede dikenal sebagai pasar paling besar dan bersih, kalian bisa berbelanja sekaligus berfoto-foto di sana. Pasar tersebut berbentuk seperti benteng, di sana kita bisa berbelanja oleh-oleh hingga jajanan khas Kota Solo.

Di Pasar Gede pengunjung juga akan mengetahui cerita kehidupan sehari-hari para pedagang pasar tersebut. tertarik datang ke sini? jangan lupa masukkan daftar tempat yang wajib dikunjungi.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wisata Sejarah tentang Hindu dan Islam di Kota Solo

3. Museum Batik Danar Hadi

Museum Batik Danar Hadi berada di Jalan Brigjen Slamet Riyadi 261 itu memiliki koleksi batik hingga 10.000 motif. Para pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan batik-batik dengan ribuan jenis motif, menarik kan?

Tak hanya bisa melihat museum batik kenamaan di Kota Solo itu, pengunjung juga bisa melihat langsung pabrik batik dan proses produksi segala jenis yang diproduksi.

4. Taman Sriwedari

Taman sriwedari berada di Jalan Brigjen Slamet Riyadi. Lokasinya tidak terlalu jauh dengan Museum Batik Danar hadi.

Tempat ini menjadi lokasi pertunjukan kesenian seperti wayang orang bahkan pentas musik. Tentunya hal itu akan menjadi hiburan bagi pengunjung apalagi tiket masuknya hanya Rp7000 ribu rupiah.

Di Taman Sriwedari kita juga bisa menemukan souvenir-souvenir dan kuliner khas Kota Solo.

5. Istana Mangkunegaran

Istana Mangkunegaran juga dikenal dengan Pura Mangkunegaran. Tempat yang memiliki luas 10 Ha itu merupakan istana resmi Kadipaten Praja Mangkunegaran dibangun oleh Mangkunegaran I pada Tahun 1757.

Istana ini terbagi menjadi, ruangan dalam, Pendapa, Peringitan, Peringitan, Pamedan dan Keputren. 

Di dalam istana tersebut pengunjung bisa melihat museum yang menggambarkan perjuangan kemerdekaan, Istana mangkunegaraan wajib menjadi wisata sejarah yang wajib dikunjungi.

6. Masjid Laweyan 

Masjid Laweyan adalah saksi peninggalan Hindu dan Islam, masjid tersebut menjadi pusat penyebaran agama Islam di Kota Surakarta. Masjid Laweyan memiliki ukuran 162 meter persegi, masjid berada tak jauh dari Sungai Bengawan Solo yang menjadi pusat perdagangan.

3 dari 3 halaman

Kaya Budaya dan Seni

7. Loji Gandrung

Lokasi ini adalah peninggalan sejarah yang masih terawat dengan sangat baik. Menurut sejarah pada tahun 1797-1839 adalah rumah milik Johannes Augustinus. Rumah bergaya Jawa dan Belanda itu kini menjadi Rumah Dinas Wali Kota, meski bangunan tua namun tetap kokoh dan indah.

8. Masjid Agung Surakarta

Tak hanya digunakan untik beribadah, namun Masjid Agung Surakarta menjadi tempat wisata Kota Solo, karena masjid yang berada di Kauman kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta itu mempunyai sejarah tentang penyebaran agama Islam di wilayah tersebut. Begaya kuno masjid ini nampah masih sangat kokoh meski dibangun sejak Tahun 1749.

9. Museum Keris Solo

Museum keris Solo bisa menjadi pilihan liburan saat berada di Solo, pengunjung akan disajikan koleksi ribuan keris yang tertata sangat rapi. Tak hanya itu, pengunjung juga akan mendapatkan informasi bahkan, proses pembuatan keris. Lokasi Museum Keris berada di Jalan Bhayangkara No.2 Sriwedari Kecamatan Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah.

10. Pasar Antik Triwindu 

Pasar yang berada di Jalan Diponegoro, Keprabon, Banjarsari, Surakarta itu menjadi pusat barang-barang antik di Kota Solo. Pasar ini berdiri sejak tahun 1939 sebagai bentuk peringatan 24 tahun pemerintahandari Mangkunegaran VII dan mengalami renovasi hingga menjadi pasar yang indah dan tertata.

Pengunjung bisa menemukan wayang, patung, senjata hingga barang-barang kuno. Jika ingin datang ke Pasar Antik Triwindu dibuka dari pukul 09.00-17.00 WIB. 

Nah, itu 10 lokasi yang bisa kamu datangi saat berada di Kota Solo. Selain itu masih banyak lokasi-lokasi lain di kota ini.

Kuliner khas Solo juga menjadi favorit pengunjung saat menikmati liburan di kota batik itu. Kalian sudah siap liburan? Yuk patuhi protokol kesehatan, ikut vaksinasi dan sabar tunggu PPKM dibuka ya Gaes....

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.