Sukses

Balitbangda Makassar Genjot 2 Penelitan Program dari Kemendikbud Ristek RI

Penelitian itu merupakan kerja sama Balitbangda Kota Makassar dengan Kemendikbud Ristek RI.

Liputan6.com, Makassar - Bekerja sama dengan dua kampus ternama di Kota Makassar, Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kota Makassar sedang melakukan dua buah penelitian. Penelitian tersebut merupakan program dari Kemendikbud Ristek RI.

Dua penelitian itu berjudul Implementasi Merdeka Belajar dalam Mewujudkan Revolusi Pendidikan di Kota Makassar yang diteliti oleh peneliti dari Universitas Negeri Makassar (UNM) serta Strategi dan Arahan Kebijakan Pemulihan Ekonomi Kota Makassar di Tengah Pandemi Covid-19 yang diteliti oleh peneliti dari Universitas Kristen Indonesia Paulus (UKIP).

Kepala Balitbangda Kota Makassar, Andi Bukti Djufrie mengatakan bahwa tak lama lagi penelitian tersebut akan rampung karena pada Selasa (10/8/2021) penelitian tersebut telah melaksanakan seminar kemajuan. Pada seminar kemajuan itu, ada dua pembanding yang turut dilibatkan, yakni dosen Universitas Fajar (Unifa) M Chaerul dan Ketua Komisi D DPRD Makassar Abdul Wahab Tahir.

"Kita harap Oktober atau September sudah selesai. Setelah itu kita mempresentasikan ke wali kota. Setelah itu kita presenrasi juga ke DPRD Kota Makassar,” kata Andi Bukti beberapa waktu lalu. 

Kedua penelitian ini, lanjutnya, selaras dengan visi misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto dan Fatmawati Rusdi. Karena sektor pendidikan dan sektor ekonomi di tengah pandemi Covid-19 menjadi perhatian mereka.

"Kalau menyangkut pendidikan, semua anak harus sekolah. Itu sesuai dengan visi misi wali kota,” ucapnya.

Andi Bukti menuturkan bahwa penelitian ini telah berjalan sejak Februari 2021. Saat ini Balitbangda Kota Makassar tengah menunggu seminar hasil agar penelitian tersebut bisa dirampungkan. 

"Kita harap ini akan jadi rekomendasi. Itu bisa jadi ranperda karena sudah ada acuannya dari penelitian ini. Jadi penelitian kita lakukan dengan menyesuaikan visi misi wali kota," pungkasnya.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.