Sukses

Bak Film Aksi, Polisi Kejar-kejaran dengan Komplotan Pencuri di Bitung

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast mengungkapkan, setengah jam sebelum penangkapan, keduanya sempat mencuri di rumah warga di Bitung Barat 1, Kecamatan Maesa.

Liputan6.com, Manado - Tim Maleo Polda Sulut bersama Tim Resmob Polsek Maesa menangkap komplotan pelaku pencurian di Kota Bitung, Sulut. Tim gabungan ini menangkap 2 pelaku yakni lelaki berinisial NL alias Ito Lumba-Lumba (43) dan lelaki IA alias Biskedo (17).

Dua warga Bitung Tengah, Kecamatan Maesa ini ditangkap Rabu (18/8/2021) dini hari sekitar pukul 03.00 Wita. Keduanya diamankan petugas di sekitar wilayah Kelurahan Pateten, 2 Lingkungan 2, Kecamatan Aertembaga, Bitung.

Saat itu, keduanya mengendarai mobil Toyota Avanza DB 1591 AI berwarna hitam sedang menuju Pelabuhan Lembeh untuk menjemput pacar salah satu pelaku.

Tim gabungan yang sudah mendapatkan informasi dari warga, segera menuju ke lokasi untuk melakukan penangkapan. Bahkan saat dikejar, kendaraan pelaku nyaris menabrak kendaraan tim gabungan, yang akhirnya menabrak sebuah bangunan ruko. 

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast mengungkapkan, setengah jam sebelum penangkapan, keduanya sempat mencuri di rumah warga di Bitung Barat 1, Kecamatan Maesa.

Keduanya memecahkan kaca jendela dan merusak terali besi jendela, kemudian mengambil uang tunai Rp4 juta dan barang emas sejumlah 20 gram di dalam laci meja. Aksi mereka pun sempat terekam kamera CCTV.

Dua hari sebelumnya, keduanya juga melakukan aksi pencurian serupa di rumah warga lainnya. Saat itu, keduanya merusak pintu belakang rumah dan masuk melalui dapur lalu mengambil 2 buah tabung gas elpiji. Keduanya juga menggasak 1 buah laptop merk Toshiba warna hitam dan uang di dalam kaleng, yang berada di ruang tamu.

"Kedua pelaku saat ini sudah diamankan di Mapolsek Maesa," kata Abast.

Abast mengatakan, pelaku NL alias Ito Lumba-Lumba adalah seorang residivis yang sudah keluar masuk penjara. Ia bahkan sudah melakukan aksi pencurian sebanyak 16 TKP di Kota Bitung.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.