Sukses

Suporter Persis Solo Rela Disuntik Vaksin Covid-19 Demi Bisa Nonton Bola Lagi

5.000 suporter fanatik Persis Solo yang biasa disebut Pasoepati ikuti kegiatan vaksinasi Covid-19 dosis pertama yang digelar di Stadion Manahan Solo.

Liputan6.com, Solo - Sekitar 5.000 fans fanatik Persis Solo atau biasa disebut Pasoepati mengikuti kegiatan vaksinasi Covid-19 yang digelar Persis Solo dan Pemkot Surakarta di Gelanggang Pemuda Bung Karno, Stadion Manahan Solo, Rabu 918/8/2021).

Pembina Pasoepati, Ginda Ferachtriawan mengaku mengapresiasi upaya dari Pemerintah Kota (Pemkot) Solo dan Persis Solo yang telah menggelar kegiatan vaksinasi Covid-19 yang akan dilaksanakan hingga 10 hari ke depan dengan pemberian 1.000 dosis per hari.

"Ini (vaksinasi) ide yang sangat bagus patut diikuti kota-kota lain, karena sangat pentingnya vaksinasi Covid-19. Apalagi untuk sekarang ini masih banyak masyarakat yang masih meragukan vaksinasi," kata Ginda saat berbincang dengan Liputan6.com di Stadion Manahan Solo, Rabu (18/8/2021).

Ia menyebut, turut andilnya para pelaku sepak bola khususnya suporter Pasoepati itu bentuk dukungan mereka untuk membantu pemerintah dalam pencapaian target vaksinasi Covid-19.

Tak hanya itu, agar bisa menjadi langkah digulirkannya liga 1 dan 2 dengan penonton syarat wajib sudah divaksin. Hal itu, lantaran sepak bola menjadi hiburan berharga di tengah pandemi ini, terlebih sudah 1 tahun tidak digulirkan kompetisi resmi sepak bola.

"Vaksinasi Covid-19 dikebut siapa tau nanti PPK dicabut dan bisa nonton bola lagi. Terlebih jika syarat bisa masuk stadion wajib sudah di vaksin, paling tidak mengajak dan mendorong semua pasoepati untuk ikut vaksinasi untuk memutus penyebaran mata rantai Covid-19," ujar dia. 

 

Simak video pilhan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bisa Menjadi Percontohan Daerah Lain

Ginda berharap vaksinasi yang dilakukan Persis Solo dan Pemkot Surakarta itu dapat menjadi langkah awal untuk memfasilitasi khususnya pasoepati di wilayah Solo Raya. 

"Sejauh ini masih wilayah Kota Solo dulu. Tapi, suporter pasoepati juga ada di beberapa wilayah kabupaten, jadi kita berharap bukan hanya warga Solo kami mengajak semua kepala-kepala daerah untuk berkolaborasi," kata pria yang tak pernah lepas dari scraft Persis Solo nya tersebut.

Ginda melanjutkan, kegiatan vaksinasi Covid-19 tersebut tentunya akan mengundang kerumunan karena dalam satu hari panitia akan melayani 1000 orang untuk divaksin. 

"Kita bagi dalam 5 sesi. tiap sesinya 200 orang. Jadi melalui suporter kita bisa terlibat sekaligus memberi contoh untuk tetap melakukan prokes ketat saat vaksinasi. Selain itu kita gelorakan suporter gak melulu aktif di stadion, tapi bisa ikut membantu kepentingan bangsa (vaksinasi)," katanya.

Sementara itu, salah satu suporter Pasoepati, Tito Pratomo mengaku dirinya bersemangat ikut vaksinasi karena tidak sabar untuk bisa menyaksikan pertandingan sepak bola dari dalam stadion secara langsung.

"Adanya vaksinasi ini sangat terbantu. Biar cepat dapat vaksin lengkap dan bisa nonton bola lagi. Kalau syarat masuk stadion harus vaksin kan kita para suporter terbantu. Saya sudah rindu sekali lihat langsung Persis Solo ke stadion," ujar Tito.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.