Harapan Baru dari Perombakan 3 Pejabat Polda Kaltim

Oleh Abelda RN pada 20 Agu 2021, 09:00 WIB
Diperbarui 20 Agu 2021, 09:00 WIB
Prosesi pelantikan jabatan di jajaran Polda Kaltim, Rabu (18/8/2021).
Perbesar
Prosesi pelantikan jabatan di jajaran Polda Kaltim, Rabu (18/8/2021).

Liputan6.com, Balikpapan - Gerbong mutasi di lingkungan Polda Kaltim kembali bergulir. Tiga pejabat baru mulai menempati jabatannya pada Rabu (18/8/2021) setelah dilakukan serah terima jabatan di Mapolda Kaltim.

Pergantian pejabat di Polda Kaltim ini berdasarkan Telegram Kapolri nomor ST/1506/VII/KEP./2021 hingga ST/1510/VII/KEP./2021 tertanggal 26 Juli 2021.

Ditemui usai memimpin jalannya sertijab, Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak mengatakan pergantian tersebut meliputi pejabat Kabid Humas Polda Kaltim, Kapolresta Balikpapan, dan Kapolres Bontang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:


Pejabat Polda Kaltim Dirotasi

Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak.
Perbesar
Kapolda Kaltim

Diketahui Posisi Kombes Pol Ade Yaya Suryana sebagai Kabid Humas Polda Kaltim digantikan oleh Kombes Pol Yusuf Sutejo, yang sebelumnya menjabat sebagai Tutor Utama Lemdiklat Polri.

Kombes Pol Ade Yaya Suryana (Kabid Humas Polda Kaltim), dimutasikan ke Mabes Polri sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang PID DIV Humas.

Kapolresta Balikpapan dijabat oleh Kombes Pol Turmudi. Jabatan Kapolresta Balikpapan akan diemban oleh Kombes Pol V Thirdy Hadmiarso, yang sebelumnya menjabat sebagai Itwasda Polda Metro Jaya.

Kapolres Bontang AKBP Hanifa Martunas Siringoringo diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabagbekum Rolog Polda Kaltim. Digantikan oleh AKBP Hamam Wahyudi yang sebelumnya menjabat Kapolres Pandeglang Polda Banten diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolres Bontang.

Dia juga menuturkan untuk tugas sementara ini yang masih menjadi perhatian yaitu berkaitan dengan penanganan Covid-19. Untuk itu, dirinya meminta baik kepada Kapolresta Balikpapan dan Kapolres Bontang yang baru. untuk belajar dari Kapolresta yang lama, apa kekurangannya sehingga bisa dilakukan perbaikan dalam upaya mengatasi pandemi Covid-19.

"Saya kira aturan-aturan sudah ada yang kita kerjakan selama ini. Tinggal melanjutkan dan melakukan pengembangan-pengembangan saya kira itu," paparnya.


Kabid Humas Polda Kaltim Pamit

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana dan penggantinya Kombes Pol Yusuf Sutejo
Perbesar
Kabid Humas Kaltim

Di tempat terpisah, Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana pun menegaskan bahwa hari ini pukul 09.20 Wita jabatan Kabid Humas sudah bukan dipegang dirinya lagi. "Jadi nanti jangan sampai salah tulis. Jadi Kabid Humas itu sekarang Kombes Pol Yusuf Sutejo," candanya.

Tak lupa ia mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan jurnalis yang sudah bekerja sama dengan baik. Dia berharap, kerja sama itu juga dilakukan dengan Kabid Humas yang baru.

"Saya mohon maaf apabila selama kebersamaan kita ada hal-hal yang tidak berkenan, itu bukan keinginan saya, tapi kapasitas kabid humas, saya maunya setiap saat kasih berita, tanpa memikirkan apa yang akan muncul, tapi saya kira selalu saya layani dengan baik," ungkapnya.

Sambil bercanda, Kabid Humas yang baru dilantik, Kombes Pol Yusuf Sutejo mengatakan bahwa sebenarnya dia hanya pengganti beliau. "Kalau Kabid Humas-nya tetap Pak Ade, karena mereka pemegang rekor kabid humas terlama, hampir lima tahun," imbuhnya.

Jabatan hampir lima tahun tersebut, menurutnya, sebuah prestasi yang tidak bisa dianggap enteng. Menurutnya, jika beliau tidak sangat baik pasti sebentar, akan tetapi lantaran beliau sangat baik, maka dipercaya dan dipertahankan oleh pimpinannya.

"Terutama bekerja sama dengan rekan-rekan wartawan baik yang senior maupun junior itu merupakan prestasi yang sangat luar biasa," lanjutnya. 

Dia mengakui, bahwa ia juga masih menimba ilmu dari eks kabid Humas Polda Kaltim tersebut. "Karena beliau juga domisili masih di Kaltim walaupun tugas di Jakarta tetapi beliau berjanji bahwa tiap Minggu akan pulang. Artinya saya tetap bisa minta petunjuk dengan beliau," tambahnya.

Kemudian Yusuf juga ingin bekerja sama dengan rekan-rekan media. Harapnya, apa yang dilakukan kepada Kabid Humas Sebelumnya agar tidak dikurangi, diakuinya bahwa ia masih orang baru di bidang media. "Saya masih harus banya belajar dengan baik," imbuhnya.

"Intinya saya mohon kehadiran kami di sini tolong bisa diberikan tempat dan jalan yang baik agar bisa bekerja sama dengan baik, tentunya untuk kemajuan dan kemaslahatan masyarakat Kaltim. Insya Allah kita bisa berkoordinasi dengan baik. Insya Allah saya bisa mengulang prestasi Pak Ade, walaupun rekor masih beliau pegang," tutupnya.


Pemberian Tugas

Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi dan penggantinya Kombes Pol V Thirdy Hadmiarso.
Perbesar
Kapolres Balikpapan

Ditemui di Mapolresta Balikpapan, Kapolresta yang baru dilantik Kombes Pol V Thirdy Hadmiarso meminta kepada masyarakat Balikpapan untuk dapat menerimanya sebagai warga Balikpapan yang baru.

"Secara pribadi terima kasih atas penerimaan sebagai warga Balikpapan mohon diterima. Apa yang sudah dilaksanakan pejabat lama akan saya terus laksanakan,” ucapnya usai upacara farewel parade Kapolresta Balikpapan Rabu (18/8) sore.

Upaya yang dilakukan ke depan, kata Thirdy, masih fokus terkait penanganan pandemi Covid-19. Selain itu, juga memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat tetap terjaga dengan baik.

"Upaya peningkatan terutama harkamtibmas harus saya terapkan kemudian saya harapkan juga bagi masyarakat tetap patuhi protokol kesehatan karena kita masih dalam suasana penekanan angka Covid-19 itu yang akan saya lakukan,” bebernya.


Kagum dengan Keberagamaan Warga

Jumpa press di Polresta Balikpapan Kaltim
Perbesar
Jumpa press di Polresta Balikpapan Kaltim

Perwira menengah yang pernah menjabat sebagai Kapolres Semarang Jawa Tengah ini mengaku kagum dengan suasana di Balikpapan. Di mana masyarakat yang heterogen berdampingan dan hidup rukun.

"Kota Balikpapan luar biasa masyarakat sangat guyub diharapkan semua bekerja sama mampu mengendalikan mulai dari keamanan dan kesejahteraan," tuturnya.

Dia menambahkan pengalaman bertugas di Ibu Kota Negara yang sesuai akan diterapkan di Balikpapan. “Ini suasana baru bagi saya karena selama ini bertugas di ibu kota Jakarta di Polda Metro Jaya apa yang bisa diterapkan akan saya terapkan di Balikpapan,” jelasnya.

Thirdy juga akan memaksimalkan peran Quick Response 110 Polresta Balikpapan yang sudah diterapkan. "Seperti harapan Kapolda yang sudah dilakukan terkait 110 akan terus dilakukan terhadap pelayanan masyarakat yang di lakukan Polresta Balikpapan," dia menandaskan.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya