Sukses

Warga dan Aparat Gelar Upacara HUT ke-76 RI di Wilayah Operasi Pengejaran Teroris MIT

Upacara Peringatan HUT ke-76 RI juga dilaksanakan personel Satgas Madago Raya dan warga di Kabupaten Sigi. Daerah terisolasi yang kerap menjadi perlintasan kelompok MIT dipilih menjadi tempat upacara.

Liputan6.com, Sigi - Upacara Peringatan Kemerdekaan RI juga dilaksanakan personel Satgas Madago Raya dan warga di Kabupaten Sigi. Daerah terisolasi yang kerap menjadi perlintasan kelompok MIT dipilih menjadi tempat upacara.

Upacara yang digelar Selasa, 17 Agustus 2021, pukul 8.00 Wita dan diikuti warga serta personel TNI dan Polri Satgas Madago Raya tersebut dilaksanakan di Dusun Manggalapi, Desa Rejeki, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi.

Kapolda Sulteng, Irjen Pol Abdul Rakhman Baso menjadi inspektur upacara. Sementara warga setempat terutama remaja dan pemuda bertindak mulai dari pemimpin upacara hingga pembacaan teks proklamasi.

Rakhman berpesan agar warga Dusun Manggalapi berperan dalam upaya pemberantasan kelompok penebar teror yang tengah diburu aparat.

"Saya mengimbau masyarakat yang berada di Manggalapi untuk bersama TNI dan Polri serta pemda untuk menuntaskan masalah di Poso, Sigi, dan Parigi Moutong, khususnya yang berada di wilayah Operasi Madago Raya," Irjen Pol Abdul Rakhman Baso yang juga penanggung jawab Operasi Madago Raya berpesan dalam upacara, Selasa (17/8/2021).

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makna bagi Warga Manggalapi

Bagi warga Dusun Manggalapi upacara peringatan kemerdekaan RI itu merupakan kali pertama yang dilaksanakan. Mereka bangga bisa terlibat langsung dalam momen sakral kebangsaan tersebut.

"Saya bangga terlibat dalam upacara ini. Sejak tahun 1988 baru sekali ini saya diangkat jadi komandan upacara peringatan kemerdekaan," Podu Masenga, warga Dusun Manggalapi mengungkapkan. 

Selama upacara dilaksanakan sejumlah personel TNI dan Brimob bersenjata berjaga di sekitar lokasi untuk mencegah adanya gangguan keamanan.

Dusun Manggalapi merupakan wilayah terpencil dan terisolasi di Kabupaten Sigi yang disebut kerap menjadi jalur  perlintasan kelompok MIT.

Dusun yang masuk wilayah Desa Rejeki itu berada di pegunungan sebelah barat kabupaten tersebut. Hingga tahun 2021 akses jalan dan telekomunikasi yang baik belum dirasakan warga setempat. Bahkan, listrik belum masuk di lokasi itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.