Sukses

Perkenalkan Ini Fansa, Boneka Edukasi Buatan Mahasiswa UGM 

Mengenal owa jawa, harimau, dan lainnya bisa melalui boneka. Ya, namanya boneka edukasi Fansa buatan mahasiswa UGM.

Liputan6.com, Yogyakarta - Mahasiswa UGM ingin memberikan pemahaman tentang konservasi fauna di Indonesia dengan menciptakan boneka edukasi fauna nusantara (fansa). Boneka Fansa terdiri dari tiga karakter, yaitu Ates, Lagus, dan Thera yang merupakan representasi dari Owa Jawa, Kanguru Pohon, dan Harimau Sumatera yang tergolong satwa terancam punah di Indonesia. 

Boneka fansa buatan lima mahasiswa UGM yaitu Achmaludin Taufan Azmi (Fakultas Kehutanan) Aulia Nur Fajriyah (Fakultas Teknik), Bagus Dwiantara (Fakultas Kehutanan), Aulia Putri Hijiriyah (Fakultas Ilmu Budaya), dan Rendy Nu’man Pradana (FMIPA).

Taufan menjelaskan boneka fansa buatan timnya merupakan boneka edukasi konservasi satwa endemik langka pertama di Tanah Air yang dilengkapi dengan teknologi informasi. Selain memberikan gambaran fisik satwa dalam bentuk boneka dan menambahkan teknologi Augmented Reality. Boneka ini juga menunjukkan materi edukasi di dalam website berupa artikel dan video singkat yang mudah dipahami. 

"Boneka edukasi dilengkapi dengan kartu AR dan kartu QR edukasi yang dikaitkan pada boneka," terangnya, Senin (16/8/2021).

Taufan mengatakan dalam kartu AR dan QR berisi informasi mengenai berbagai fakta unik terkait konservasi satwa di Indonesia. Ketiga boneka ini dirancang mengenakan scarf yang bertuliskan #Save Forest #Save (Nama Satwa Endemik).

Boneka fansa juga dilengkapi leaflet yang menjelaskan produk dan konservasi satwa misalnya, Ates yang merupakan representasi dari Owa Jawa melambangkan hewan endemik dari Jawa yang terancam punah. Lalu, Lagus dan Thera merepresentasikan hewan endemik dari Papua dan Sumatera yang juga terancam punah yaitu Kanguru Pohon dan Harimau Sumatera.

Dalam produksi boneka Fansa ini mereka bekerja sama dengan produsen boneka di DIY sehingga mendukung perekonomian lokal. Sementara itu, untuk pemasaran banyak dilakukan secara online dengan sistem pre-order

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.