Sukses

Detik-Detik Proklamasi, Aktivitas Warga Bandung di Simpang Lima Dihentikan

Seluruh aktivitas masyarakat di kawasan Simpang Lima Asia Afrika dihentikan selama tiga menit, tepat pada pukul 10.17 WIB.

Liputan6.com, Bandung - Ada yang berbeda dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia di Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (17/8/2021). Seluruh aktivitas masyarakat di kawasan Simpang Lima Asia Afrika dihentikan selama tiga menit, tepat pada pukul 10.17 WIB.

Terlihat aktivitas lalu lintas jalan raya berhenti saat petugas menghentikan laju seluruh kendaraan. Baik pengendara roda dua maupun roda empat, semuanya berdiri tegak saat momentum peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, sesaat sebelum sirine berbunyi, aparat gabungan mulai dari Dinas Perhubungan (Dishub), Polisi, dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) meminta seluruh warga di kawasan itu berhenti beraktivitas sejenak selama tiga menit termasuk para pengendara.

Diiringi lagu Indonesia Raya, para warga melakukan penghormatan selama tiga menit. Suasana peringatan HUT ke-76 Republik Indonesia pun terasa khidmat meski dilaksanakan secara sederhana.

Salah seorang warga, Mumu Mulyana (43) turut membawa putrinya, Siti Aulia (8) mengikuti pelaksanaan peringatan ini. Mumu yang berhenti saat melintas di jalan tersebut mengaku sangat senang bisa terlibat dalam detik-detik proklamasi tersebut.

"Tentu saja saya senang bisa mengikuti detik-detik peringatan proklamasi. Ini sebuah tanda untuk menghormati para pahlawan dan pejuang," kata Mumu.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Digelar di Beberapa Titik

Menurut Kepala Dishub Kota Bandung E M Ricky, kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan imbauan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Di mana untuk menjaga kekhidmatan acara dan menghormati peringatan tersebut, seluruh masyarakat diharapkan dapat menghentikan kegiatan sejenak dan mengambil sikap sempurna pada 17 Agustus 2020 pukul 10.17 WIB.

"Untuk hari ini, pelaksanaan dilakukan di beberapa titik seperti di Balai Kota, ruang ATCS, Simpang Merdeka, dan Simpang Lima Asia Afrika," ujarnya.

Ricky mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sudah ikut menyemarakkan dan merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Kita mencoba menghargai jasa para pahlawan dan pejuang untuk memerdekakan Republik Indonesia termasuk proklamator yang telah memproklamasikan kemerdekaan. Sehingga dengan acara ini kita lebih khidmat dan lebih menumbuhkan rasa kebangsaan kita," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.