Sertifikat Vaksin hingga Tes Fisik Jadi Syarat Mendaki Gunung Ciremai

Oleh Panji Prayitno pada 14 Agu 2021, 14:00 WIB
Diperbarui 14 Agu 2021, 14:00 WIB
Sertifikat Vaksin Hingga Tes Fisik Syarat Mendaki Gunung Ciremai
Perbesar
Para pendaki tengah menikmati pemandangan alam di puncak Gunung Ciremai via jalur pendakian Apuy Kabupaten Majalengka Jawa Barat. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Liputan6.com, Kuningan - Pendakian Gunung Ciremai kembali dibuka seiring dengan surat edaran Bupati Kabupaten Kuningan.

Namun demikian, Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) menyebutkan jumlah pendaki Gunung Ciremai dibatasi. Humas TNGC Gunung Ciremai Kabupaten Kuningan Jawa Barat Agus Yudantara mengatakan, kuota pendaki saat ini dibatasi hanya 25 persen.

Dia mengatakan, jalur pendakian dibuka hanya yang berada di wilayah Kabupaten Kuningan Jawa Barat.

"Ya Jalur Linggarjati, Linggasana sama Palutungan saja yang dibuka. Itupun total kuotanya 25 persen ya jadi bukan 25 persen tiap jalur di Gunung Ciremai," ujar Agus, Jumat (13/8/2021).

Agus mengatakan, untuk jalur pendakian Apuy di Kabupaten Majalengka masih tutup. Sebagaimana aturan yang ditetapkan oleh pemerintah setempat.

Dia mengatakan, rata-rata pendaki yang datang adalah mereka yang melakukan jadwal pendakian ulang imbas penutupan pada masa PPKM darurat.

"Biasanya sehari 900 sampai 1.000 pendaki. Sekarang hanya 25 persen itu pun untuk tiga jalur. Pendakian Gunung Ciremai terbuka untuk umum registrasi via online," ujar dia.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Saksikan video pilihan berikut ini


Upacara Bendera

Sertifikat Vaksin Hingga Tes Fisik Syarat Mendaki Gunung Ciremai
Perbesar
Pengelola Gunung Ciremai resmi menutup aktivitas jalur pendakian dan objek wisata di sekitar pegunungan merespon pencegahan penyebaran covid-19. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Namun demikian, kata dia, ada ketentuan tambahan bagi calon pendaki Gunung Ciremai, yakni menyertakan sertifikat vaksin kepada petugas di posko registrasi.

Sebelum mendaki, para petualang Gunung Ciremai terlebih dahulu akan dites sesuai prokes maupun tes fisik. Pihak TNGC menyiapkan tenaga medis yang ada di posko registrasi.

"Cek fisik juga seperti push up, squat jump sebelum mendaki," ujar dia.

Pada momen hari kemerdekaan ini, Agus mengatakan TNGC tidak menyelenggarakan upacara 17 Agustus di puncak Gunung Ciremai.

Namun, TNGC tidak melarang jika ada pendaki yang ingin menggelar upacara 17 Agustus 2021 di puncak Gunung Ciremai.

"Kalau pendaki yang sudah reservasi online silahkan saja asal patuhi prokes," ujar Agus.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya