Sukses

Hari Terakhir, Bagaimana Kelanjutan PPKM Level 4 Kota Padang?

PPKM level 4 berakhir hari ini, bagaimana kelanjutannya?

Liputan6.com, Padang - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) akan berakhir hari ini, Senin 9 Agustus 2021 setelah beberapa kali dilakukan perpanjangan, termasuk di wilayah Sumatera Barat.

Gubernur Sumbar Mahyeldi mengatakan pihaknya belum menerima keputusan terkait apakah PPKM diperpanjang lagi atau tidak.

"Iya masih dalam tahap evaluasi, kita juga menunggu instruksi dari pusat," kata Mahyeldi, Senin (9/8/2021).

PPKM darurat atau level 4 di Sumbar disebut mengalami kemajuan sejak penerapan kebijakan ini, awalnya ada empat daerah yang masuk PPKM, kemudian sekarang tersisa satu yakni Kota Padang.

Gubernur menyampaikan, bahwa pemerintah daerah bersama pihak terkait terus berupaya menekan angka penyebaran Covid-19.

Kemudian juga menerima masukan-masukan dari banyak pihak untuk penanganan pandemi ini. Selain itu, terus menggalakkan agar kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan.

"Kuncinya adalah penerapan protokol kesehatan, ini yang harus selalu diingatkan kepada masyarakat," ujarnya.

Jadi, lanjut Mahyeldi, bagaimana pun keputusan terkait PPKM ini, ia berharap masyarakat tetap disiplin dengan protokol kesehatan.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkembangan Kasus Covid-19 Sumbar

Sejak merebaknya kasus corona di Sumbar pada akhir Maret 2020, puluhan ribu kasus positif sudah tercatat hingga saat ini.

Hingga Minggu, 8 Agustus 2021, jumlah kasus positif Covid-19 mencapai 78.059 kasus, dengan kasus aktif 14.833 atau 19 persen persen.

Juru bicara Satgas Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal, mengatakan dari total kasus positif itu, sebanyak 78,87 persen atau 61.568 orang sudah dinyatakan sembuh.

"Total positivity rate mencapai 12,56 persen," sebutnya.

Sedangkan, jumlah pasien meninggal kini sebanyak 1.658 orang. Ia mengimbau masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.