Sukses

Bau Asap dari Ruang Mesin Penanda Awal Terbakarnya Kapal di Bitung

Kejadian ini diketahui pertama kali oleh Anak Buah Kapal (ABK) yang bertugas menjaga kapal yang berada di perairan Bitung tersebut.

Liputan6.com, Manado - Kapal Layar Motor (KLM) Kasih Setia 01 GT 336 milik Jeffry Theno, terbakar di sekitar PT Pathemaang Dock Yard Tandurusa, Kelurahan Aertembaga, Kota Bitung, Sulut pada Rabu (4/8/2021).

Kebakaran terjadi sekitar pukul 18.30 WITA, saat kapal dalam posisi docking. Kejadian ini diketahui pertama kali oleh Anak Buah Kapal (ABK) yang bertugas menjaga kapal yang berada di perairan Bitung tersebut.

Salah satu ABK Ronald Lewar mengatakan, dirinya bersama dua ABK lainnya yakni Muhamad Ninto dan Anto Tayang mencium bau asap dari sekitar ruang mesin kapal. Ketiganya lalu mencari sumber asap tersebut, dan mendapati kobaran api di bagian mesin induk.

Ketiga ABK tersebut lalu berupaya memadamkan api dengan alat seadanya, namun usaha itu tidak membuahkan hasil. Api makin membesar dan menjalar ke bagian lain di kapal yang terbuat dari kayu itu. Melihat api semakin membesar, ketiganya memilih untuk menyelamatkan diri dan mencari bantuan.

Kasubbag Humas Polres Bitung AKP Hermanses Katiandagho mengatakan, begitu mendapat informasi kejadian, personel piket Polres Bitung bersama Kapolsek Aertembaga Iptu Gian Wiatma Jonimandala dan anggota segera mendatangi lokasi dan melakukan pengamanan.

“Tidak ada korban jiwa. Kerugian material kurang lebih Rp2 miliar,” ujar AKP Katiandagho, Kamis (5/8/2021).

Dari hasil olah TKP sementara, penyebab pasti kebakaran belum bisa diketahui, namun berdasarkan keterangan saksi bahwa api berasal dari mesin induk kapal. Api cepat membakar KLM Kasih Setia 01 karena kapal tersebut terbuat dari bahan kayu.

“Kapal itu sering memuat kelapa sawit dan BBM jenis solar sebanyak satu ton belum dikosongkan dari tangki kapal saat docking,” ujar Katiandagho di Mapolres Bitung.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.