Sukses

Kesigapan Bobby Nasution Atasi Covid-19 di Medan Dipuji Kepala BNPB Ganip Warsito

Wali Kota Medan, Bobby Nasution, mendampingi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ganip Warsito meninjau kesiapan Pemerintah Kota (Pemko) Medan dalam menanggulangi Covid-19, Jumat (6/8/2021).

Liputan6.com, Medan Wali Kota Medan, Bobby Nasution, mendampingi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ganip Warsito meninjau kesiapan Pemerintah Kota (Pemko) Medan dalam menanggulangi Covid-19, Jumat (6/8/2021).

Awalnya Bobby mengajak Kepala BNPB menuju Gedung P4TK di Jalan Setia Budi yang diplot sebagai salah satu gedung Isolasi Terpadu (Isoter) di Kota Medan. Segala fasilitas dan kesiapan tenaga kesehatan di sana diperlihatkan kepada Ganip.

"Ruang Isoter yang disiapkan Pak Wali sudah bagus sekali ini, ya. Warga harusnya memanfaatkan fasilitas Isoter ini, karena isoman di rumah itu ada syaratnya," kata Ganip.

Kemudian rombongan menuju Lingkungan VI, Pondok Surya, Kelurahan Helvetia Timur, Kecamatan Medan Helvetia untuk menyerahkan bantuan kepada lingkungan yang menggelar isolasi. Dari 2001 lingkungan di Kota Medan, 14 lingkungan melaksanakan isolasi.

Keterangan Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Medan Helvetia, Alexander, ada 14 warga di Lingkungan VI yang melaksanakan isoman, namun 4 orang di antaranya telah dipindahkan ke rumah sakit lantaran kondisi memburuk.

"Syarat isoman di rumah ada beberapa. Misalnya harus ada ruang terpisah untuk mandi. Tidak ada komorbid, usia di bawah 45 tahun. Tidak ada manula dan anak-anak dirumahnya atau wanita hamil," terang Ganip.

"Kalau tidak memenuhi syarat itu, bagus dibawa ke Isoter yang sudah disiapkan. Ada nakes, makanan, obat, vitamin hingga podingnya. Dan semuanya gratis sampai sembuh. Harus dicek terus ya," lanjut Ganip.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bagikan Obat dan vitamin

Kemudian, Bobby Nasution tampak memberikan arahan kepada warga dan Camat Helvetia. Bobby juga memberikan obat dan vitamin yang dipaketkan untuk warga yang menjalani isolasi mandiri.

"Koordinasi harus terus dijaga, antara warga dan pemerintah juga kita mintakan bantuan Polri dan TNI untuk bersama warga saling bergotong-royong. Saya ucapkan terima kasih atas partisipasi seluruh warga," kata Bobby.

Sejauh ini kebijakan Bobby Nasution untuk menekan penyebaran Covid-19 adalah melaksanakan PPKM hingga Level 4 sampai 9 Agustus 2021. Namun penyekatan di dalam kota sudah sedikit dikendurkan.

Sedangkan penyekatan dari luar kota tetap diketatkan. Kemudian Bobby menyiapkan sejumlah lokasi Isoter dengan seluruh fasilitasnya gratis bagi warga Medan. Bobby juga gencar memberikan bantuan kepada warga yang terkena dampak PPKM.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.