Presiden Jokowi Janji Bantu Sediakan 100 Konsentrator Oksigen untuk Sumbar

Oleh Novia Harlina pada 05 Agu 2021, 22:00 WIB
Diperbarui 05 Agu 2021, 22:00 WIB
Presiden Jokowi Janji Bantu 100 Konsentrator Oksigen untuk Sumbar
Perbesar
Gubernur Sumbar berbincang dengan presiden melalui sambungan telepon. (Liputan6.com/ Humas Pemprov Sumbar)

Liputan6.com, Padang - Presiden Joko Widodo berjanji membantu menyediakan 100 konsentrator oksigen untuk Provinsi Sumatera Barat. Bantuan untuk antisipasi kasus Covid-19 ini direncanakan akan tiba di Ranah Minang dalam waktu dua hari ke depan.

Pemberian bantuan itu disampaikan Presiden Jokowi langsung kepada Gubernur Sumbar, Mahyeldi melalui sambungan telepon pada Kamis (5/8/2021).

"Iya tadi sore saya dihubungi presiden terkait kesiapan Sumbar dalam menghadapi pandemi Covid-19," kata gubernur.

Melalui sambungan telepon itu, Mahyeldi melaporkan sejumlah hal terkait penanganan Covid-19 di Sumbar. Di antaranya tentang kenaikan kasus positif di Sumbar disebabkan jumlah testing dan tracing yang ditingkatkan beberapa waktu terakhir.

Kemudian tentang penanganan pasien di rumah sakit yang dilakukan secara berjenjang, mulai dari RSUD di kabupaten dan kota serta rumah sakit rujukan untuk pasien dengan kondisi gejala berat.

"Kita sampaikan bahwa koordinasi antara rumah sakit di Sumbar sudah berjalan dengan cukup baik. Ada penambahan tempat tidur yang totalnya cukup banyak sehingga penanganan pasien bisa semakin maksimal," ujarnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tambah Vaksin Covid-19

FOTO: Antrean Panjang Pengisian Ulang Oksigen Medis
Perbesar
Antrean tabung milik warga berjejer di sekitar kios pengisian ulang oksigen medis Medical Oxygen di Jalan Minangkabau Timur, Jakarta, Senin (5/7/2021). Permintaan kebutuhan oksigen medis kian meningkat seiring naiknya kasus orang terkonfirmasi positif COVID-19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Persoalan ketersediaan oksigen juga menjadi salah satu laporan yang diberikan gubernur kepada presiden dan langsung ditanggapi dengan bantuan 100 unit konsentrator oksigen.

Selain itu, semakin tingginya animo masyarakat untuk mendapatkan vaksin Covid-19 juga menjadi perhatian dari presiden, dalam satu minggu ke depan tambahan vaksin akan dikirimkan ke Sumbar.

"Sementara untuk konsentrator dan obat-obatan dalam satu dua hari ke depan akan dikirim," katanya gubernur.

Mahyeldi menyampaikan dukungan dari pemerintah pusat ini, akan meringankan beban Sumbar dalam menangani pandemi Covid-19.

"Kami sampaikan terimakasih kepada presiden, ini sangat membantu sekali," ujarnya.

Konsentrator oksigen merupakan jenis perangkat medis yang digunakan untuk menyuplai oksigen ke pasien dengan gangguan pernapasan. Alat ini hanya bisa digunakan dengan pengawasan serta resep dari dokter.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Simak video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya