Sukses

Hewan di Kebun Binatang Bandung pun Akhirnya Dapat Bantuan Pakan Saat PPKM

Bantuan pakan dalam bentuk sayuran untuk satwa herbivora itu disalurkan menyusul tutupnya ikon wisata di Kota Bandung ini sejak penerapan PPKM.

Liputan6.com, Bandung - Kebun Binatang Bandung mendapatkan bantuan pakan yang disalurkan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat. Bantuan pakan dalam bentuk sayuran untuk satwa herbivora itu disalurkan menyusul tutupnya ikon wisata di Kota Bandung ini sejak penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Rincian bantuan pakan berupa wortel 60 kilogram, waluh 350 kilogram, pakcoy 300 kilogram, sosin 400 kilogram, bonteng 250 kilogram, kangkung, dan kacang panjang 10 kilogram.

Kepala Dinas Kehutanan Jabat Epi Kustiawan mengatakan, sayuran yang didonasikan bagi satwa di Kebun Binatang Bandung dibeli dari hasil panen para petani di Kabupaten Sukabumi. Para petani di sana kesulitan menjual hasil panen akibat daya beli masyarakat menurun.

"Pada masa PPKM banyak masyarakat yang terdampak termasuk para petani di Kabupaten Sukabumi. Hasil panennya dibagikan secara gratis kepada masyarakat dan sebagian dibuang karena tidak ada yang membeli dan sulit menjual ke pasar," ucapnya, Kamis (5/8/2021).

Epi mengharapkan donasi ini dapat ditiru oleh perusahaan, komunitas, maupun masyarakat untuk menghidupi satwa, tidak sebatas herbivora tapi karnivora. 

"Kami berharap ini sumbangan awal dari kami. Selama masa pandemi ini kita bukan hanya memperhatikan manusia tapi juga satwa-satwa yang juga merupakan ciptaan Tuhan," katanya.

Marketing Komunikasi Kebun Binatang Bandung Sulhan Syafi'i, mengapresiasi donasi yang telah diberikan Dishut Jabar kepada pihaknya berupa sayur-sayuran bagi pakan satwa. Selain dari Dinas Kehutanan Jabar, pihaknya juga mendapatkan donasi dari berbagai pihak.

Sulhan berharap bantuan pakan ini bisa memenuhi kebutuhan pakan hewan herbivora yang ada di Kebun Binatang Bandung untuk beberapa hari kedepan selama PPKM.

"Selama PPKM, kita tutup bagi pengunjung sehingga tidak ada pemasukan dan ini diperlukan untuk biaya operasional. Salah satunya untuk memenuhi pakan satwa," katanya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.