Sukses

4 Hari Beraksi, Satgas Detektor Catat 4.941 Orang Dengan Saturasi di Bawah 90 Persen

Meski terjadi pro dan kontra, ternyata temuan Satgas Detektor Makassar Recover ini bisa menjadi data yang sangat membantu Pemkot Makassar dalam menanggulangi penyebaran Covid-19 di Makassar.

Liputan6.com, Makassar - Di tengah keresahan masyarakat terkait turunnya Satgas Detektor untuk mentracing warga dari rumah ke rumah, ternyata selama empat hari tim detektor berhasil mendata banyaknya warga dengan saturasi di bawah 90 persen. 

Hal itu diungkapkan, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan  Pomanto saat menggelar rapat koordinasi monitoring dan evaluasi Makassar Recover bersama Forkopimda, tim Makassar Recover, Master Covid dan jajaran lingkup Makassar Recover secara virtual.

Sedikitnya ada 61.137 orang yang sudah terdata oleh tim detektor,  ternyata warga dengan kondisi suhu badan diatas 38 derajat celcius dideteksi sebanyak 740 orang. Sementara, untuk saturasi dibawah 90 persen terdapat 4.941 orang. 

Terlepas dari cacian yang mereka dapat serta kurangnya pengawasan camat dan lurah pada tim detektor di wilayah masing-masing, namun, tim detektor menunjukkan hasil kinerja yang cukup baik. 

Hal itu dibenarkan juga oleh Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. dr. Idrus A. Paturusi. Dia menjelaskan tentang bahaya yang mengancam jika nilai saturasi dibawah 90 persen. 

"Dibawah 95 persen saja itu sudah bahaya. Ini yang banyak terjadi di Kota Jakarta. Biasa disebut Happy Hypoxia, dimana orang-orang tidak mengetahui jika oksigen dalam darahnya berkurang. Dan ini bahaya jika tidak ditindak dengan cepat. Untungnya para tim detektor turun mentracing meskipun banyak pro kontra," ucapnya. 

Prof Idrus juga menekankan jika segala masukan dari masyarakat patut didiskusikan dan diperbaiki pemerintah kota. Dan segala kebaikan bisa ditingkatkan. 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penjelasan Danny Pomanto

Sementara itu, Wali Kota Makassar Danny Pomanto sendiri mengaku bahwa para detektor mengalami kesulitan karena ketidaksiapan wilayah. 

“Jadi ada beberapa wilayah memang tidak terlalu mendukung program ini. Jadi warga banyak tidak siap padahal ini menguntungkan mereka. Kita mudahkan. Mereka tidak bawa ktp dan tidak bayar seperti di rumah sakit. Ini kita yang datangi gratis pula. Ini bentuk tindakan kemanusiaan kita di tengah pandemi,” ujarnya.

Terkait soal banyaknya Satgas Detektor yang tidak mematuhi SOP pihaknya sudah membicarakan dengan camat, lurah dan master covid di setiap wilayah agar lebih memperhatikan para tim detektornya. 

“Kita lihat kelebihannya ini program ternyata banyak warga yang saturasinya dibawah 90 dan suhunya tinggi. Ini membahayakan. Karenanya kita akan lakukan PCR bukan antigen ke semua warga yang terdata. Kalau tidak ditindak cepat atau tidak ada tim detektor mana kita tau wargata kurang saturasinya,” sebut Danny. 

Olehnya itu, Danny meminta kerjasama masyarakat Makassar untuk bisa menerima kedatangan Satgas Detektor ke rumahnya. 

“InsyaAllah tiap hari kita evaluasi kekurangannya. Tolong kerjasama ta. Kita juga sudah koordinasi dengan TNI Polri untuk mengawal ini,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.