Bobby Nasution Fasilitasi Kepulangan Warga Bieruen yang Sempat Tinggal di Kolong Jembatan

Oleh Reza Efendi pada 03 Agu 2021, 12:56 WIB
Diperbarui 03 Agu 2021, 12:56 WIB
Wali Kota Medan, Bobby Nasution
Perbesar
Wali Kota Medan, Bobby Nasution, menyempatkan mengunjungi warga asal Bieruen yang telah diberikan tempat tinggal layak di rumah singgah Dinas Sosial Medan di Komplek Griya Pinang Mas, Kecamatan Medan Sunggal

Liputan6.com, Medan Beberapa waktu lalu diketahui ada sekeluarga yang tinggal di bawah kolong jembatan aliran Sungai Deli. Peristiwa itu diketahui Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah saat blusukan menyalurkan bansos beberapa waktu lalu.

Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck itu kemudian menghubungi Bobby Nasution selaku Wali Kota Medan. Mendapatkan info tersebut, Bobby langsung mengecek apakah benar warga yang tingggal di kolong jembatan itu warga Medan.

Setelah dicek, ternyata mereka adalah warga Bireuen, Provinsi Aceh. Pada Senin, 2 Agustus 2021 malam, Bobby menyempatkan mengunjungi warga asal Bieruen itu, yang telah diberikan tempat tinggal layak di rumah singgah Dinas Sosial Medan di Komplek Griya Pinang Mas, Kecamatan Medan Sunggal.

Bobby tiba di Rumah Singgah itu sekitar pukul 21.30 WIB. Kemudian Menantu Presiden Jokowi itu langsung berdialog dan menanyakan kronologi kenapa 3 warga Kota Bireuen tersebut bisa sampai di Medan dan tinggal di bawah jembatan.

Selama ini keberadaan mereka tidak diketahui dan terdata, karena bukan warga asli Kota Medan. Tapi sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, Bobby lewat Pemerintah Kota (Pemko) Medan akan tetap bertanggung jawab untuk melindungi dan melakukan upaya sesuai dengan kondisi yang ada.

"Kita berencana akan mengembalikan para warga tersebut ke daerahnya," kata Bobby, dalam keterangan diperoleh Liputan6.com, Selasa (3/8/2021).

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Menghubungi Pihak Keluarga

Wali Kota Medan, Bobby Nasution
Perbesar
Bobby juga menjelaskan, pihaknya cukup cepat merespons ada warga yang tinggal di kolong jembatan

Disampaikan suami Kahiyang Ayu, sebelum dikembalikan ke Kota Bireuen, pihaknya telah terlebih dahulu menghubungi pihak keluarganya dan mengatakan mereka bersedia agar anggota keluarganya itu dipulangkan ke Kota Bireuen.

"Pemko Medan melalui Dinsos Kota Medan juga telah berkoordinasi dan berkomunikasi dengan Dinsos Kota Bireuen terkait rencana pemulangan warganya," sebut Bobby.

Bobby juga menjelaskan, pihaknya cukup cepat merespons ada warga yang tinggal di kolong jembatan. Bobby langsung memerintahkan Dinsos Kota Medan, pihak kelurahan dan lingkungan untuk mengecek dan mendata kependudukan mereka, akhirnya didapati ketiga warga tersebut warga Kota Bireuen.

"Begitu mendapat kabar, seluruh warga langsung dibawa ke Rumah Singgah. Kemudian kita lakukan upaya untuk menghubungi keluarga serta mengecek dan memastikan tidak ada lagi warga yang tinggal di sana (kolong jembatan)," pungkas Alumnus Magister IPB Bogor itu.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya