Iba Pedagang Agar-Agar Beli Nasi Padang Rp5.000, Warganet Donasi Rp108 Juta

Oleh Jayadi Supriadin pada 01 Agu 2021, 04:00 WIB
Diperbarui 01 Agu 2021, 04:00 WIB
Terketuk rasa iba sekaligus simpati terhadap Eman, Amel, pemilik akun, sekaligus pemilik dari nasi padang itu, akhirnya mengajak warganet berdonasi hingga terkumpul uang Rp 108 juta.
Perbesar
Terketuk rasa iba sekaligus simpati terhadap Eman, Amel, pemilik akun, sekaligus pemilik dari nasi padang itu, akhirnya mengajak warganet berdonasi hingga terkumpul uang Rp 108 juta. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Liputan6.com, Garut - Unggahan pemilik akun Tik-Tok @elsameliaa alias Elsa Amelia (19), yang iba terhadap perjuangan Eman (51) penjual agar-agar di Garut, Jawa Barat saat membeli nasi padang seharga Rp5.000, akhirnya berbuah manis.

Terketuk rasa iba sekaligus simpati terhadap Eman, Amel, pemilik akun, sekaligus pemilik dari nasi padang itu, akhirnya mengajak warganet berdonasi hingga terkumpul uang Rp108 juta.

“Saya kaget juga ternyata respon dari viewer luar biasa sekali,” ujarnya, Sabtu (31/7/2021).

Menurut Amel, Eman atau yang biasa dipanggil mang Eman oleh warga sekitar Garut Kota, memang terbiasa wara-wiri di sekitar perkotaan Garut sebagai penjual agar-agar keliling yang dijual bagi anak-anak.

Namun sayang, saat datang ke Warung Nasi Padang Bungo Tanjung di bilangan Jalan Raya Ahmad Yani Timur, Kecamatan Garut Kota, Garut Kamis (29/7/2021) sore lalu, ia hanya membawa uang Rp5.000.

“Saya liat dagangan agar-agarnya ternyata masih utuh, dari situ saya kasihan dan iseng-iseng merekamnya lewat video,” ujar dia.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

24 Jam Terkumpul Rp100 Juta Lebih

Semestinya nasi bungkus yang dibeli Mang Eman, seharga Rp 18 ribu, namun dengan penuh iba akhirnya Amel menggartiskannya, hingga sejurus kemudian mang Eman langsung meninggalkan warung nasi padang itu, dengan penuh hormat.

Tak berpikir panjang dengan tujuan mulia, akhirnya Amel memporting video Mang Eman tersebut Kamis malam, atau beberapa jam sejak kejadian mengharukan itu berlangsung, hingga akhirnya viral.

“Setelah lima jam dikirim ke Tiktok dan membuka donasi, saya benar-benar kaget, uang yang terkumpul banyak sekali,” ujar dia.

Walhasil dalam waktu 24 jam, uang yang terkumpul mencapai Rp 100 juta lebih untuk selanjutnya diberikan kepada mang Eman. “Totalnya yang terkumpul Rp108 juta,” ujar dia.

Setelah menghitung donasi yang terkumpul, Amel pun langsung bergegas mencari alamat mang Eman yang diketahui berasal dari Kecamatan Cilawu, Garut.

Hingga Sabtu ini, video yang diunggah Elsa itu sudah ditonton lebih dari 17 juta kali dan mendapat lebih dari 80 ribu lebih komentar.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya