Sukses

Gandeng NU, Polres Serang Kota Vaksinasi Santri di Ponpes At-Tohiriyah Banten

Pondok Pesantren (Ponpes) At-Tohiriyah, Pelamunan, Kabupaten Serang, Banten, yang pernah memberikan ilmu agama ke Wapres Ma'ruf Amin, memvaksin ratusan santri dan warga sekitar. Vaksinasi dilakukan bersama Polres Serang Kota dan nakes dari Puskesmas Kramatwatu.

Liputan6.com, Serang - Pondok Pesantren (Ponpes) At-Tohiriyah, Pelamunan, Kabupaten Serang, Banten, salah satu ponpes di mana Wapres Ma'ruf Amin belajar agama, memvaksin ratusan santri dan warga sekitar. Vaksinasi dilakukan bersama Polres Serang Kota dan nakes dari Puskesmas Kramatwatu.

Mengenakan sarung hingga peci, yang menjadi ciri khas santri, mereka mendaftar, diperiksa kesehatannya dan disuntikkan vaksin sinovac.

"Ada 130 santri dan 170 warga. Dewan pengasuh, pimpinan ponpes, dewan guru di vaksin. Kami menyadari bahwa vaksin itu ikhtiar bersama kami, demi keselamatan tidak hanya pribadi, tapi sesama sekitar," kata Ketua Satgas Covid-19 Ponpes At-Thohiriyah, Ustadz Muhammad Roby Ulfi Zeni Tohir, Sabtu (31/07/2021).

Ustadz Roby bercerita, berbagai cara dilakukan santri dan pengurus ponpes untuk mengajak santri dan masyarakat patuh prokes hingga melawan hoax agar mau di vaksin. Ajakan dan himbauan melawan covid-19, dilakukan melalui video hingga majlis taklim yang diikuti oleh masyarakat.

"Kita imbau melalui video, melalui ajakan, melalui khutbah dan sebagainya. Kita di sini ada pemuda bershalawat, ada jemaah ibu-ibu, kita sosialisasikan," terangnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Vaksinasi Bersama Nahdlatul Ulama

Proses pemeriksaan kesehatan santri dipimpin oleh dr.Silas dari Urkes Polres Serang Kota. Kemudian pendaftaran dibantu oleh personel Polsek Kramatwatu.

Selanjutnya, penyuntikan vaksin dilakukan nakes dari Puskesmas Kramatwatu. Polres Serang Kota berharap Ponpes melalui para santrinya, terus membantu pemerintah melawan Covid-19 yang masih menjadi pandemi di Indonesia.

"Vaksin hari ini kerjasama antara polri dengan pimpinan pusat NU. Sekarang kita untuk pesantren di At-Thohiriyah Pelamunan, ada 300 sasaran penerima vaksin. Kita utamakan santri dulu, baru ke warga," kata Kapolres Serang Kota, AKBP Yunus Hadit Pranoto, Sabtu (31/07/2021).

Warga yang belum kebagian vaksinasi di Ponpes At-Thohiriyah, disarankan datang pada 9 Agustus 2021 yang disiapkan oleh Pores Serang Kota, dengan kuota 100 orang penerima.

"Saking banyaknya yang untuk meminta, kita sarankan datang ke gerai vaksin pada 09 Agustus 2021 nanti. Targetnya dari Dokkes kita sekitar 100," kata Kapolsek Kramatwatu, Kompol DP Ambarita, ditempat yang sama, Sabtu (31/07/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.