Sukses

Ngolake Nian Men Bawang Putih Biso Ngeluarke Cairan di Paru-Paru Samo Oseltamivin Obat Berbahayo

Jangan tebudi dengan postingan kalu bawang putih biso ngeluarke cairan di paru-paru, dicaritau dulu yang benernyo.

Liputan6.com, Palembang - Informasi hoaks masih be banyak muncul di media sosial, idak terkecuali hoaks dan mitos kesehatan yang biso buat masyarakat pecayo. Sikok contoh yaitu klaim bawang putih biso ngeluarken cairan dari paru-paru kerno Covid-19.

Postingan itu rame nian dibagike sejak akhir pekan kemaren. Dalem video yang beredar itu, ado wong yang masukke bawang putih ke dalem idungnyo. Wong itu ngomong kalo bawang putih biso ngeluarke lendir dan balekke indera penciuman kito.

Video itu jugo lengkap nian dengan tulisan:

Paru2 dak biso mumpo dan masukko oksigen kerno dipenuhi caeran lendir yg kentel. Jadi paru2 sulit untuk begawe. Caro yang efektif nian untuk ngeluarken lendir dr paru2 sebenernyo mudah.. Ambek be 2 siung b putih, terus masukke ke idung cak di video. Biarke bae selamo 15-20 mnt. Mato teraso perih dapapo, itu bersihke kotoran mato. Udem 15-20 mnt, lepaske b putih tadi. Agek lendir yg banyak d paru2 keluar dr idung..bs dilakuke cak 2 jm sekali.. biar paru2 bebas dr lendir yg ganggu napas kito. tlng disebarke agar yg saket/ belum ketularan dr Covid-19 bs selamat, Aaminn

Nah, pas dicek nian, video yang diklaim biso ngeluarke lendir di paru-paru kerno Covid-19 cuma make bawang putih itu ngolake.

Yang benernyo, bawang putih dak biso bersihke apo ngeluarke lendir dari paru-paru kerno Covid-19.

Selain klaim bawang putih biso ngeluarke cairan dari paru-paru kerno Covid-19, ado jugo mitos kesehatan lainnyo yang sudah ditelusuri. Cak ini nah rangkumannyo.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Barcode pada Vaksin Covid-19 Ngontrol Manusio Sampe Mati

 

Cek Fakta Liputan6.com nemuke klaim barcode di Vaksin Covid-19 yang ngontrol manusio sampe mati. Klaim itu diunggah akun Facebook Imha Lessy, di tanggal 15 Juli 2021.

Klaim barcode di Vaksin Covid-19, ngomtrol manusio sampe mati nunjukke Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yang jugi jadi Ketua Tim Pelaksana Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir, yang lagi ngobrol dalam program talkshow tipi yang dibawakke Najwa Shihab.

Nah, cak ini omongan dio :

Najwa: La ngerancang biar biso lacak vaksin-vaksin ini, kak Erick?

Erick: Jadi cak ini kan balek lagi kito ngomong ke sebuah sistem meminimal risiko, kalu ini nyangkut seluruh Indonesia. Nah karena itu sejak awal, Bofarma ngelakuke barcode di sini biso tejingok, jadi misalnyo tadi Rafi abis disontek biso telihat, di sini (kotak) jugo ado barcodenyo ini agek masuk di coldchain yang dikirim ke daerah kito biso dilihat sampe di mano, nomor mobilnyo apo, ado kejadian apo nian kito biso ngelakuke itu”

Di tampilan itu ado jugo tulisan “SELAMET BAGI KAMU YANG LA DI VAKSIN COVID 19. KAMU DIKONTROL SAMPE MATI

Unggahan itu dikasih keterangan "cilaka 12😅".

Pas dicaritau, barcode di Vaksin Covid-19 ngontrol manusio sampe mati itu dak bener nian. Barcode di vaksin untuk ngelacak vaksinnyo, bukan posisi manusio yang disuntikke vaksin.

Baco yang lengkapnyo di tautan ini nah.

3 dari 4 halaman

Oseltamivir Obat Covid-19 yang Bahayo dan Mematike

Cek Fakta Liputan6.com dapeti klaim Oseltamivir obat Covid-19 berbahayo dan mematike. Klaim itu diunggah akun Facebook Nawa Rawdha, pada 15 Juli 2021.

Klaim Oseltamivir obat Covid-19 berbahayo dan mematike dari video yang nampilke sikok strip obat bentuknyo kapsul warno putih dan kuning.

Dalam video itu jugo ado narasi cak ini nah :

"Ini obat waktu saat aku diisolasi Covidlolos, sikok biji yang aku makan ampir nak telepas nyawo aku. Namonyo oseltamivir, ini obat barusan diminum waktu masih isolasi di rumah sakit, dalam waktu dak sampe semenit, aku ku langsung muter-muter muntah-muntah alhamdulillah Allah maseh panjangin umur ku, cak inilah obat yang disebut wong obat oseltamivir obat khsus buat flu babi nyatonyo flu babi dan jugo flu burung ini yang dikasihke ke aku dan aku dak galak diberika makan selanjutnyo, aku ditanyo bolak balik samo perawat bu sudah dimakan obatnyo? sudah-sudah padahal aku la sumputin. Nih sikok yang ku makan aku bawa balek untuk kenang-kenangan, ini obat setan, ini bahayo nian, ati-ati kalo ado yang ngasih obat ini ini bahayo nian. Disini dikatoke obat ini untuk ngilangke virus, nyembuhke tapi nyatonyo obat ini bahayo nian namonyo Oseltamivir"

Video itu dikasih keterangan cak ini:

"Testimoni mantan Korban Konspirasi Global (Covid19) OBAT SETAN (OSELTAMIVIR-generik) Jangan dikonsumsi..buang bae!Nasution Nina inikan obatnya kaa? Yg dlu sempet ak mintak utk investigasi?"

Pas dicaritau, klaim Oseltamivir obat Covid-19 bahayo dan matike itu ngolake nian.

Oseltamivir masuknyo obat yang aman digunoke, dengan efek samping sifatnyo individual, cak mual, muntah, insomnia, vertigo, dialami cuma ke sebagian uwong bae.

Baco selengkapnyo di tautan ini jugo nah:

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Ngelawan hoaks sama bae ngelawan pembodohan. Itu yang mendasari kami buat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan sampe sekarang aktif ngasihke literasi media pada wong-wong luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com begabung di International Fact Checking Network (IFCN) dan jadi patner Facebook. Kami jugo bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerjasamo dengan pihak mano bae, dak akan ngaruhi independensi kami.

Jika kamu ado informasi seputar hoaks atau berita ngolake yang nak kami telusuri dan verifikasi, langsung be kirim di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Kalu nak lebih cepat dapet jawaban? Biso kontak be ke Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.