Menikmati Pagi Sambil Menyelami Keindahan Bawah Laut Pulau Monduli Boalemo

Oleh Arfandi Ibrahim pada 30 Jul 2021, 06:00 WIB
Diperbarui 30 Jul 2021, 06:00 WIB
Keindahan Salvador Dali di bawah laut Pulau Monduli Boalemo. Foto: Yopit Jhoke (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)
Perbesar
Keindahan Salvador Dali di bawah laut Pulau Monduli Boalemo. Foto: Yopit Jhoke (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)

Liputan6.com, Gorontalo - Keindahan bawah laut Peovinsi Gorontalo memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Daerah di Indonesia yang memiliki teluk sangat luas ini menyimpan sejuta kekayaan alam bawah laut.

Salah satunya di Kabupaten Boalemo. Di tempat ini terdapat satu pulau dengan keindahan bawah laut yang memaukau. Namanya Pulau Monduli, lokasinya tak jauh dari wisata Cabana Dive Resort.

Tak membutuhkan waktu lama, untuk sampai ke destinasi wisata bahari ini. Wisatawan hanya perlu 20 menit menggunakan speedboat dari pesisir Pantai Bolihutuo.

Selama perjalanan menuju lokasi, wisatawan disuguhkan dengan pemandangan alam sekitar pantai. Belum lagi dari atas speedboat, wisatawan bisa melihat keindahan birunya air laut ketika terkena sinar matahari di waktu pagi.

Ombak yang tidak terlalu besar membuat para pelancong tidak perlu khawatir selama perjalanan. Sebab, selain ditemani pemandu yang profesional, peralatan safety yang sesuai prosedur juga disiapkan.

Setelah sampai di lokasi diving, kondisi terumbu karang yang masih asri memberikan pengalaman baru saat menyelam di perairan Teluk Tomini.

"Terumbu karang di sini kondisinya sekitar 70 persen masih terjaga," kata Wawan Iko, pemandu diving Pulau Monduli.

 

Simak juga video pilihan berikut:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Beragam Jenis Ikan

Wawan Iko, salah satu pemandu diving di Wisata Cabana Dive Resort Foto:Hanny Ghaghana (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)
Perbesar
Wawan Iko, salah satu pemandu diving di Wisata Cabana Dive Resort Foto:Hanny Ghaghana (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)

Wawan mengatakan, terumbu karang yang masih bagus membuat ikan-ikan dapat dengan mudah dijumpai saat menyelam di lokasi ini. Bahkan ikan-ikan yang tergolong langka, dan sudah sulit dijumpai di tempat lain.

"Hanya dengan kedalaman 8 meter, kita sudah bisa menemukan terumbu yang variatif. Mulai dari karang jenis acropora reef, table coral, sponge, dan paling banyak adalah salvador dali," ujar Iko.

Terumbu karang yang masih alami itu menjadi habitat ikan-ikan kecil dengan beragam warna dan jenisnya. Mulai dari anthias fish, sergion fish, dan jenis ikan karang lainnya yang membuat pelancong betah saat diving.

Selain itu, bagi penyelam yang ingin belajar dan memiliki lisensi diving, di tempat itu juga menerima pelatihan dengan fasilitas diving yang sangat lengkap.

"Jadi tempat ini sangat rekomendasi bagi mereka yang mau belajar diving dan memiliki lisensi" ujar Wawan.

Mahmud, seorang wisatawan mengakui keindahan bawah laut Pulau Monduli. Tempat ini, katanya, sangat cocok bagi penyelam pemula.

"Selain tidak terlalu dalam, suasana sekitar pulau sangat indah dan menyenangkan. Apalagi di waktu pagi," katanya.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya