Sukses

Menikmati Pagi Sambil Menyelami Keindahan Bawah Laut Pulau Monduli Boalemo

Keindahan bawah laut Gorontalo memang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Liputan6.com, Gorontalo - Keindahan bawah laut Peovinsi Gorontalo memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Daerah di Indonesia yang memiliki teluk sangat luas ini menyimpan sejuta kekayaan alam bawah laut.

Salah satunya di Kabupaten Boalemo. Di tempat ini terdapat satu pulau dengan keindahan bawah laut yang memaukau. Namanya Pulau Monduli, lokasinya tak jauh dari wisata Cabana Dive Resort.

Tak membutuhkan waktu lama, untuk sampai ke destinasi wisata bahari ini. Wisatawan hanya perlu 20 menit menggunakan speedboat dari pesisir Pantai Bolihutuo.

Selama perjalanan menuju lokasi, wisatawan disuguhkan dengan pemandangan alam sekitar pantai. Belum lagi dari atas speedboat, wisatawan bisa melihat keindahan birunya air laut ketika terkena sinar matahari di waktu pagi.

Ombak yang tidak terlalu besar membuat para pelancong tidak perlu khawatir selama perjalanan. Sebab, selain ditemani pemandu yang profesional, peralatan safety yang sesuai prosedur juga disiapkan.

Setelah sampai di lokasi diving, kondisi terumbu karang yang masih asri memberikan pengalaman baru saat menyelam di perairan Teluk Tomini.

"Terumbu karang di sini kondisinya sekitar 70 persen masih terjaga," kata Wawan Iko, pemandu diving Pulau Monduli.

 

Simak juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beragam Jenis Ikan

Wawan mengatakan, terumbu karang yang masih bagus membuat ikan-ikan dapat dengan mudah dijumpai saat menyelam di lokasi ini. Bahkan ikan-ikan yang tergolong langka, dan sudah sulit dijumpai di tempat lain.

"Hanya dengan kedalaman 8 meter, kita sudah bisa menemukan terumbu yang variatif. Mulai dari karang jenis acropora reef, table coral, sponge, dan paling banyak adalah salvador dali," ujar Iko.

Terumbu karang yang masih alami itu menjadi habitat ikan-ikan kecil dengan beragam warna dan jenisnya. Mulai dari anthias fish, sergion fish, dan jenis ikan karang lainnya yang membuat pelancong betah saat diving.

Selain itu, bagi penyelam yang ingin belajar dan memiliki lisensi diving, di tempat itu juga menerima pelatihan dengan fasilitas diving yang sangat lengkap.

"Jadi tempat ini sangat rekomendasi bagi mereka yang mau belajar diving dan memiliki lisensi" ujar Wawan.

Mahmud, seorang wisatawan mengakui keindahan bawah laut Pulau Monduli. Tempat ini, katanya, sangat cocok bagi penyelam pemula.

"Selain tidak terlalu dalam, suasana sekitar pulau sangat indah dan menyenangkan. Apalagi di waktu pagi," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.