Sukses

Menyibak Surga Tersembunyi Curug Cikoleangkak Tasikmalaya

Dihimpit tebing tinggi penuh tumbuhan, Curug Cikoleangkak di Tasikmalaya, punya potensi wisata alam yang memukau.

Liputan6.com, Tasikmalaya - Berada wilayah selatan Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, tepatnya di Dusun Cicomre Desa Bojongkapol, Kecamatan Bojonggambir, Curug Cikoleangkak punya segudang potensi alam yang memukau. 

Dihimpit tebing tinggi penuh tumbuhan, dua air terjun dengan sempurna meluncur deras, membuat wisatawan yang datang terkagum memandangnya.

Kepala Desa Bojongkapol Nandang Taryudin mengatakan, hingga kini sebagian besar warga sekitar belum mengetahui lokasi ini. Namun meskipun baru dibuka, namun kilau Curug Cikoleangkak ternyata begitu mempesona untuk dikunjungi.

"Kami mulai merintis lokasi Curug Cikoleangkak menjadi lokasi wisata," ujarnya beberapa waktu lalu.

Menurutnya, potensi curug Cikoleangkak memang menjanjikan untuk dikembangkan. Selain debit air yang terbilang stabil hampir sepanjang tahun, lokasi sekitar terbilang alami karena masih minimnya kunjungan warga.

"Selain membenani akses jalan ke lokasi, kami juga tengah merencanakan pembuatan gazebo bagi pengunjung," kata dia.

Memang cukup beralasan, meskipun terbilang rindang dengan lebatnya tumbuhan di sana, namun kehadiran fasilitas gazebo cukup dinanti pengunjung sambil menikmati suasana alam sekitar.

Cikoleangkak yang berarti mengagumkan berdasarkan cerita turun temurun warga sekitar, menyimpan sejuta pesona yang bisa memejamkan mata untuk menikmati sensasi liburan di alam terbuka, untuk menyehatkan tubuh Anda.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Butuh Investor

Saat ini untuk sampai di lokasi wisata curug Cikoleangkak, masih menggunakan jalan setapak. Semua kendaraan pengunjung diparkir dekat pemukiman warga, hingga sejurus kemudian menyusir jalan setapak sejauh 200 meter yang berada di Kampung Cilalay, Dusun Cicomre.

Namun kondisi itu lambat laun segera berubah, seiring rencana pembangunan fasilitas jalan desa yang tengah disusun pemerintah desa setempat.

Dan benar saja, perjalanan itu terbayar lunas ketika sampai di lokasi tujuan. Selain menikmati sajian alam derasnya gemercik  air terjun setinggi kurang lebih 30 meter, kehadiran tumbuhan yang membalut kedua tebing di sekitar curug, ikut memperindah suasana.

“Sekilas seperti lukisan hidup yang berasal dari alam,” ujar Muhammad Fitrian, pengunjung lokal asal Tasikmalaya.

Selain berendam di sana, pengunjung yang datang juga bisa menikmati view tambahan. Tinggal naik sedikit di atas bukit yang membetengi kawasan curug, Anda bisa menikmati pemadangan alam yang menghadap ke laut Samudera Hindia di pesisir pantai Tasik Selatan.

Nandang mengakui, pembenahan potensi wisata curug Cikoleangkak memang bukan perkara mudah, namun dengan proyeksi yang menggiurkan ia berharap kehadiran investor di sana.

Selain menyiapkan akses jalan yang layak, kehadiran fasilitas tambahan di sekitar lokasi curug, seperti gazebo, spot selfi dan lainnya, diharapkan mampu menjadi daya tarik tersendiri, saat mengunjung curug Cikoleangkak.

Dengan upaya itu, tingkat kunjungan dan kehadiran wisatawan terus bertambah, meskipun dalam situasi pandemi covid- 19 saat ini. Menjadikan curug Cikoleangkak sebagai destinasi baru alternatif wisata alam terbuka di kota Santri, Tasikmalaya. Selamat mencoba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.