Sukses

Sumsel Terapkan PPKM Level 4 Selama 2 Minggu ke Depan

Sumsel resmi menerapkan PPKM level 4 di empat kabupaten/kota di Sumsel, untuk menekan angka penularan Covid-19.

Liputan6.com, Palembang - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4, kini akan diterapkan di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Penerapan tersebut dibahas saat rapat koordinasi 'Pembahasan Penerapan PPKM level 4 di Luar Jawa Bali', melalui video conference, yang digelar di Command Center Pemprov Sumsel, Sabtu (24/7/2021).

Usai rapat, Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, ada empat kabupaten/kota yang akan menjalani PPKM level 4.

Keempat daerah tersebut yaitu, Kota Palembang, Kota Lubuklinggau, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dan Kabupaten Musi Rawas (Mura) Sumsel.

Menurutnya, penerapan PPKM level 4 di empat kabupaten/kota tersebut, akan dimulai pada tanggal 26 Juli 2021 hingga 8 Agustus 2021.

"Kriteria penentu level ini di antaranya, transmisi, respon pemerintah, respon masyarakat dan juga angka BOR (bed occupancy ratio). Provinsi Sumsel termasuk dari 21 provinsi, yang di daerahnya ada terkena PPKM Level 4," katanya.

Penerapan PPKM level 4 tersebut, lanjut Gubernur Sumsel, digelar karena kasus Covid-19 di 4 kabupaten/kota tersebut tinggi dan ada potensi sebaran varian baru Covid-19, yaitu varian Delta.

Untuk mekanismenya atau peraturannya, dia menyerahkan langsung ke pemerintah kabupaten dan kota yang mengaturnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Patuhi Prokes

"Namun kita tunggu dulu dari penjelasan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), apakah pemkab atau pemkot yang mengatur atau Gubernur Sumsel langsung," katanya.

Mantan Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur Sumsel ini meminta, agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes). Pemerintah daerah juga, diharapkannya tetap memaksimalkan tracing, testing dan treatment.

"Harus lebih patuh terhadap prokes. Jangan lalai, harus tetap disiplin. Pakai masker di mana pun, bukan hanya di tempat kerumunan saja,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.