3 Paket Obat Sakti untuk Pasien Covid-19 Isoman di Blora, Apa Saja?

Oleh Ahmad Adirin pada 25 Jul 2021, 15:00 WIB
Diperbarui 25 Jul 2021, 15:00 WIB
Babinsa dari Kodim 0721/Blora dengan didampingi tenaga medis mendistribusikan obat secara gratis untuk pasien Covid-19 dengan gejala ringan atau OTG yang menjalani isoman. (Liputan6.com/Ahmad Adirin)
Perbesar
Babinsa dari Kodim 0721/Blora dengan didampingi tenaga medis mendistribusikan obat secara gratis untuk pasien Covid-19 dengan gejala ringan atau OTG yang menjalani isoman. (Liputan6.com/Ahmad Adirin)

Liputan6.com, Blora - Para Babinsa dari Kodim 0721/Blora dengan didampingi tenaga medis mendistribusikan obat secara gratis untuk pasien Covid-19 dengan gejala ringan atau orang tanpa gejala (OTG) yang menjalani isolasi mandiri (isoman).

Diketahui, obat yang terdiri dari 3 jenis paket ini mulai didistribusikan pada Jumat (23/7/2021). Obat tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat seperti yang disampaikan Presiden Jokowi ketika mengumumkan masa perpanjangan PPKM Darurat yang kini istilahnya berubah menjadi PPKM level.

Komandan Kodim 0721 Blora, Letkol Inf Andy Soelistyo mengungkapkan, bahwa pendistribusian obat dari pemerintah pusat diberikan kepada pasien isoman yaitu masyarakat pra sejahtera yang dinyatakan positif Covid-19

"Tentunya yang mempunyai hasil rapid antigen atau PCR positif yang terkoneksi dalam aplikasi sistem data NAR (Sistem Pelaporan dari Lab Kemenkes) melalui Puskesmas," ungkap Andy Soelistyo kepada Liputan6.com.

Menurutnya, obat yang diberikan kepada masyarakat komposisinya terbagi menjadi 3 paket dengan jumlah obat yang berbeda-beda macamnya. Serta diberikan sesuai hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh tenaga medis.

"Obat dalam bentuk paket-paket tersebut diberikan sesuai dari hasil pemeriksaan puskesmas tentang gejala yang dialami oleh masyarakat yang melaksanakan isoman," kata Andy sapaan Dandim 0721/Blora.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Isi Jenis Paket Obat

Kodim 0721/Blora ketika menunjukkan 3 jenis paket obat gratis untuk pasien Covid-19 dengan gejala ringan atau OTG yang menjalani isoman. (Liputan6.com/Ahmad Adirin)
Perbesar
Kodim 0721/Blora ketika menunjukkan 3 jenis paket obat gratis untuk pasien Covid-19 dengan gejala ringan atau OTG yang menjalani isoman. (Liputan6.com/Ahmad Adirin)

Andy membeberkan, obat paket pertama dengan warna paket biru untuk pasien Covid-19 dengan gejala ringan atau OTG. Macamnya, berupa vitamin C 250 mg dengan jumlah 28 tablet, vitamin D3 1000 IU dengan jumlah 7 tablet, dan Zinc Tablet 20 mg dengan jumlah 14 tablet.

Selanjutnya, obat paket kedua dengan warna paket hijau untuk pasien dengan keluhan panas dan atau Anosmia (kehilangan rasa penciuman). Macamnya, berupa Oseltamivir Tablet 75 mg dengan jumlah 14 tablet, vitamin C 250 mg dengan jumlah 28 tablet, vitamin D3 1000 IU dengan jumlah 7 tablet, Zinc Tablet 20 mg dengan jumlah 14 tablet, dan Paracetamol Tablet 500 mg dengan jumlah 10 tablet.

Lalu, obat paket ketiga dengan warna paket orange untuk pasien dengan keluhan panas dan atau Anosmia (kehilangan rasa penciuman disertai batuk). Macamnya, berupa Oseltamivir Tablet 75 mg dengan jumlah 14 tablet, vitamin C 250 mg dengan jumlah 28 tablet, vitamin D3 1000 IU dengan jumlah 14 tablet.

"Serta Ambroxol dengan jumlah 20 tablet, Zinc Tablet 20 mg dengan jumlah 14 tablet, dan Azitromycin Kapsul 500 mg dengan jumlah 7 tablet, dan Paracetamol Tablet 500 mg dengan jumlah 10 tablet," jelas Andy.

Adapun rincian penerimaan obat gratis, disebutkan Kodim 0721/Blora bahwa paket pertama jumlahnya ada sebanyak 17 Pcs, kemudian paket kedua jumlahnya ada sebanyak 104 Pcs, serta paket ketiga jumlahnya ada sebanyak 56 Pcs.

Lebih lanjut, dalam pendistribusian obat Isoman Covid 19 dijelaskan aturan minumnya oleh para Babinsa didampingi tenaga medis dari Puskesmas atau Bidan Desa dengan menerapkan protokol kesehatan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Simak video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya