Tips Makan Daging Kurban ala Pakar Gizi UGM Agar Tetap Sehat

Oleh Yanuar H pada 24 Jul 2021, 05:00 WIB
Diperbarui 24 Jul 2021, 05:00 WIB
Deretan bungkus besek beragam ukuran yang digunakan pengurus HKTI Garut, Jawa Barat dalam pembagian daging hewan kurban.
Perbesar
Deretan bungkus besek beragam ukuran yang digunakan pengurus HKTI Garut, Jawa Barat dalam pembagian daging hewan kurban. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Liputan6.com, Yogyakarta Ahli Gizi UGM, Aviria Ermamilia memberikan tips makan daging kurban di hari raya kurban agar tubuh tetap sehat. Aviria menyampaikan poin yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi daging, adalah mengontrol porsi makan daging. 

Tips selanjutnya konsumsi daging secukupnya dan tidak berlebihan. Memilih bagian daging yang memiliki sedikit kandungan lemak. Selain itu meminimalisir mengolah bagian jeroan maupun gajih.

"Pastikan memasak daging hingga benar-benar matang dan olah secara beragam setiap harinya," tuturnya, Rabu (21/7/2021).

Teknik pengolahan daging disarankan dengan direbus atau dikukus. Namun minimalisir mengolah daging dengan cara digoreng seperti kebanyakan karena akan menambah kadar lemak.

"Minimalkan juga memasak dengan dibakar karena akan berisiko menambah zat karsinogenik yang bisa memicu kanker," terangnya.

Ia pun merekomendasikan konsumsi daging dilakukan bersama dengan konsumsi sayur dan buah.

"Upayakan makan daging dengan dibarengi konsumsi sayur dan buah yang cukup," tambahnya.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya