Sukses

Belasan Dokter di Solo Meninggal Akibat Covid-19, IDI Kesulitan Cari Pengganti

Kondisi tersebut tidak mudah karena dokter spesialis yang meninggal dunia akibat Covid-19 tidak serta merta bisa digantikan oleh dokter lain

Liputan6.com, Solo - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Solo, Jawa Tengah mencatat dari sejak awal keberadaan virus Corona diumumkan oleh pemerintah hingga saat ini sebanyak 13 dokter yang bertugas di Kota Surakarta meninggal dunia akibat COVID-19.

"Mereka ini di antaranya dari radiologi, jiwa, saraf, obsgyn, anestesi, dan umum. Yang paling banyak dari dokter umum, yakni sebanyak tujuh dokter," kata Ketua IDI Solo Adji Suwandono di Solo, Senin,dikutip Antara.

Menurut dia, dokter yang meninggal dunia terpapar Covid-19 tersebut rata-rata berusia di atas 50 tahun. Sementara itu, saat ini masih ada sebanyak 20 dokter yang menjalani isolasi mandiri dan sembilan dokter lain sedang dirawat di rumah sakit.

Ia mengakui kondisi tersebut tidak mudah karena dokter spesialis yang meninggal dunia tidak serta merta bisa digantikan oleh dokter lain. Terkait dengan dokter relawan, menurut dia harus dibahas di tingkat pusat untuk memastikan profil relawan tersebut.

"Relawannya yang seperti apa, apakah koas yang hampir selesai ataukah yang sudah dokter tetapi ranahnya residen atau calon spesialis. Ini memang baru kami diskusikan bersama, misalnya ada spesialis internis atau penyakit dalam, yang menggantikan idealnya ya spesialis dalam lain," katanya.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ketat Prokes

Senada, Direktur Utama Rumah Sakit Bung Karno (RSBK) Surakarta Wahyu Indianto mengatakan RSBK merupakan salah satu rumah sakit yang ketat dalam menerapkan prosedur pengamanan.

"Khususnya di ruang isolasi, tidak ada orang yang bisa masuk maupun keluar. Petugas pun demikian, harus mengikuti prosedur. Ini termasuk di IDG maupun poli namun masih juga kami kecolongan," katanya.

Ia mengatakan belum lama ini ada beberapa tenaga kesehatan termasuk dokter yang menangani COVID-19 ikut terpapar virus tersebut.

"Malah kemarin dokter yang menangani COVID-19 kena semua, karena memang mereka kelelahan sehingga imun turun. Saya sempat minta bantuan dari RSUD Moewardi untuk mengisi kekosongan tenaga dokter ini tetapi belum sempat dokternya datang ternyata sudah ada satu dokter kami yang dinyatakan negatif sehingga bisa kembali bertugas," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.