Pasokan Oksigen Tiba, RS Immanuel Pastikan Stok Aman

Oleh Huyogo Simbolon pada 21 Jul 2021, 01:00 WIB
Diperbarui 21 Jul 2021, 01:00 WIB
FOTO: Melihat Posko Rescue Oxygen DKI Jakarta
Perbesar
Petugas menurunkan tabung oksigen yang akan didistribusikan di Posko Rescue Oxygen, Monas, Jakarta, Senin (5/7/2021). Posko Rescue Oxygen didirikan untuk membantu penyediaan tabung oksigen bagi rumah sakit pemerintah dan swasta khusus COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Bandung - Manajemen Rumah Sakit Immanuel Bandung menyatakan pasokan oksigen sudah tiba pada Selasa (20/7/2021) Subuh setelah sempat mengalami kehabisan stok pada Senin (19/7/2021). Pihak rumah sakit mendapatkan oksigen liquid dari vendor oksigen.

"Saat ini sudah terkendali," kata Gideon Dwi Pamungkas dari bagianLegal RS Immanuel Bandung, Selasa (20/7/2021).

Gideon mengatakan, ada 2,5 ton yang dikirimkan vendor oksigen PT Samator. Oksigen tersebut diperkirakan dapat bertahan sekitar satu setengah hari.

"Oksigen liquid datang dari PT Samator sebanyak 2,5 ton dan kurang lebih akan bertahan selama satu setengah hari. Kita terus menghubungi pihak vendor untuk mengirimkan oksigen," ucapnya.

Selain kiriman dari vendor, kata Gideon, bantuan oksigen mengalir dari masyarakat. Setelah ada kepastian pasokan oksigen, pengumuman yang disampaikan pihak rumah sakit telah dicabut.

"Saat ini juga banyak donasi-donasi oksigen tabung yang sudah datang. Sejauh ini pelepasan tidak terjadi, semuanya masih aman," kata Gideon.

RS Immanuel merupakan salah satu dari 26 rumah sakit rujukan Covid-19 di Kota Bandung. Hingga saat ini, lanjut Gideon, jumlah pasien Covid-19 yang dirawat sebanyak 80 orang.

Sebelumnya, Rumah Sakit Immanuel Bandung dikabarkan kekurangan stok oksigen pada Senin (19/7/2021). Bahkan manajemen memasang pengumuman terkait kondisi force majeure kepada pasien dan keluarga pasien.

Dalam surat pengumuman yang ditandatangani Direktur Utama RS Immanuel itu pihak manajemen menyampaikan permintaan maaf.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya