Sukses

Pasokan Oksigen Tiba, RS Immanuel Pastikan Stok Aman

Selain kiriman dari vendor, bantuan oksigen mengalir dari masyarakat.

Liputan6.com, Bandung - Manajemen Rumah Sakit Immanuel Bandung menyatakan pasokan oksigen sudah tiba pada Selasa (20/7/2021) Subuh setelah sempat mengalami kehabisan stok pada Senin (19/7/2021). Pihak rumah sakit mendapatkan oksigen liquid dari vendor oksigen.

"Saat ini sudah terkendali," kata Gideon Dwi Pamungkas dari bagianLegal RS Immanuel Bandung, Selasa (20/7/2021).

Gideon mengatakan, ada 2,5 ton yang dikirimkan vendor oksigen PT Samator. Oksigen tersebut diperkirakan dapat bertahan sekitar satu setengah hari.

"Oksigen liquid datang dari PT Samator sebanyak 2,5 ton dan kurang lebih akan bertahan selama satu setengah hari. Kita terus menghubungi pihak vendor untuk mengirimkan oksigen," ucapnya.

Selain kiriman dari vendor, kata Gideon, bantuan oksigen mengalir dari masyarakat. Setelah ada kepastian pasokan oksigen, pengumuman yang disampaikan pihak rumah sakit telah dicabut.

"Saat ini juga banyak donasi-donasi oksigen tabung yang sudah datang. Sejauh ini pelepasan tidak terjadi, semuanya masih aman," kata Gideon.

RS Immanuel merupakan salah satu dari 26 rumah sakit rujukan Covid-19 di Kota Bandung. Hingga saat ini, lanjut Gideon, jumlah pasien Covid-19 yang dirawat sebanyak 80 orang.

Sebelumnya, Rumah Sakit Immanuel Bandung dikabarkan kekurangan stok oksigen pada Senin (19/7/2021). Bahkan manajemen memasang pengumuman terkait kondisi force majeure kepada pasien dan keluarga pasien.

Dalam surat pengumuman yang ditandatangani Direktur Utama RS Immanuel itu pihak manajemen menyampaikan permintaan maaf.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.