Sukses

Sensasi Aroma Arang Bakar Petai Saat Tradisi 'Nyate' Iduladha di Garut

Selain tingkat pembakaran yang terbilang optimal, arang kayu jenis petai juga mampu menghasilkan harum yang khas saat proses pembakaran berlangsung.

Liputan6.com, Garut - Tradisi 'nyate' daging kurban menggunakan bahan bakar arang kayu, masih menjadi favorit bagi masyarakat Garut, Jawa Barat hingga kini. Tak ayal kondisi itu, menjadi salah satu peluang usaha bagi warga, terutama saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat Covid-19.  

Nanang (25), salah seorang pedagang arang bakar di pasar Induk Ciawitali, Garut mengatakan, kebutuhan arang bakar saat Iduladha memang terbilang tinggi. "Kenaikan bisa dua kali lipat dibanding hari biasa," ujar dia, Selasa (20/7/2021).

Menurutnya, alasan tingginya kebutuhan arang bakar saat Iduladha, seiring masih hidupnya tradisi nyate di lingkungan masyarakat Garut sejak lama.

"Kalau untuk memasak lebih memilih gas elpiji, kalau untuk nyate jelas masih pakai arang," dia menegaskan.

Untuk persiapan Iduladha tahun ini, dia mengaku telah menjual sekitar 3.500 buah arang bakar dalam kemasan kecil siap pakai. Angka tersebut terbilang tinggi jika dibanding penjualan hari biasa.

“Kalau pun ada (pemesanan) biasanya dipakai para penjual sate dan acara hajatan, selainnya untuk kebutuhan pesta tapi masih jarang,” kata dia.

Khusus jenis kayu yang digunakan, Nanang mengaku lebih sering menjual arang jenis kayu selong atau petai, dibanding yang lainnya.

Selain tingkat pembakaran yang terbilang optimal, arang kayu jenis petai juga mampu menghasilkan aroma khas saat proses pembakaran berlangsung.

"Biasanya berpengaruh juga terhadap daging sate yang dihasilkan," kata dia.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Arang Bakar Petai

Samentara soal sumber arang kayu yang biasa ia jual, mayoritas arang masih berasal dari wilayah perkebunan Margawati, Cilawu, wilayah Garut yang dekat dengan perbatasan Tasikmalaya.

"Biasanya kami menjual dalam kemasan kecil seharga Rp1.000 rupiah per buah," kata dia.

Bahkan untuk partai besar, harga jual arang bakar jenis kayu petai ini bisa lebih terjangkau bagi konsumen. "Kalau ngecer (ritel) harganya Rp5 ribu berisi lima buah, sementara kalau borongan hanya Rp3 ribu per kilogram," kata dia.

Ahmad, salah seorang pembeli arang bakar kayu mengaku terbantu dengan kehadiran arang bakar dalam kemasan yang dijual secara ritel tersebut. Menurutnya, penggunaan arang bakar kayu jenis petai memberikan rasa yang berbeda bagi daging sate yang dihasilkan.

"Jenis arang kayu memang banyak, tapi saya lebih cocok menggunakan jenis kayu petai ini," ujar dia.

Meskipun pembelian arang kayu yang ia koleksi tidak terlalu banyak, tetapi setidaknya tradisi 'nyate' masyarakat Sunda menggunakan arang kayu masih terjaga.

"Selain menghasilkan satai yang gurih, tradisi nyate juga bisa saling merekatkan silaturahmi antarkeluarga dan warga," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.