Sukses

Varian Delta Sudah Sampai Gunungkidul, Warga Diminta Jangan Panik

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty, membenarkan kabar sudah ada kasus varian Delta di wilayahnya.

Liputan6.com, Gunungkidul Virus Corona varian Delta telah sampai ke Gunungkidul. Masyarakat diimbau meningkatkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan sambil jangan panik agar imun tetap terjaga. Pasalnya, ahli mengatakan pencegahan Covid-19 varian Delta tidak berbeda dengan varian yang lain.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty, saat dikonfirmasi membenarkan kabar itu. Namun, soal jumlah kasusnya, Dewi belum bersedia menyebutkannya karena menyerahkan sebenuhnya kepada Bupati Gunungkidul Sunaryanta.

"Belum tahu apakah pak bupati akan merilisnya atau tidak seperti pak gubernur tempo hari," ujar Dewi, Senin (19/7/2021).

Dewi juga belum mengetahui dari mana varian Delta itu masuk ke wilayah Gunungkidul. Dirinya mengaku sangat sulit mendeteksinya. mengingat pihaknya selama ini hanya menjalankan yang menjadi kewajiban mereka, yaitu melakukan tracing kemudian mengirimkan sampel ke laboratorium.

 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Respons Bupati Gunungkidul Sunaryanta

Dewi mengakui, daya penularan varian Delta memang lebih besar dibanding dengan varian sebelumnya. Sehingga jaga jarak, cuci tangan, dan penggunaan masker wajib dilaksanakan. Bahkan untuk penggunaan masker, Dewi menyarankan dobel.

Terkait temuan itu, Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengimbau warga meningkatkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan. Saat ini pihaknya berupaya keras meningkatkan vaksinasi agar mampu menambah imun masyarakat, sehingga tercipta herd immunity.

"Pokoknya patuh terhadap protokol kesehatan harus ditingkatkan," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.