Sukses

Wakil Wali Kota Medan Temui Pedagang Kopi yang Sempat Viral, Edukasi PPKM Darurat

Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman, turun langsung mendatangi Warung Kopi (Warkop) DKI yang terletak di Jalan Gatot Subroto. Warkop ini milik seorang pedagang bernama Rakesh yang sempat viral beberapa hari lalu.

Liputan6.com, Medan Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman, turun langsung mendatangi Warung Kopi (Warkop) DKI yang terletak di Jalan Gatot Subroto. Warkop ini milik seorang pedagang bernama Rakesh yang sempat viral beberapa hari lalu.

Rakesh sempat viral karena sikapnya melawan para petugas Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang melakukan penertiban. Kedatangan Aulia ke Warkop DKI sebagai amanah dari Wali Kota Medan, Bobby Nasution, bertujuan mengedukasi.

Edukasi untuk memberikan pemhamanan kepada pedagang bahwa Pemerintah Kota (Pemko) Medan bukan hendak menutup atau melarang berjualan, namun diminta untuk mematuhi peraturan di masa PPKM Darurat agar pengunjung tidak makan atu minum di tempat.

"Kita turun kemari. Pertama ingin mengedukasikan masyarakat. Pemko Medan saat ini bukan melarang jualan. Silahkan berdagang, tapi jangan kasih fasilitas makan di tempat, take away," kata Aulia saat berada di Warkop DKI, Sabtu, 17 Juli 2021, malam.

Pada kesempatan itu, Aulia juga menunjukkan salah satu contoh sebagai pengunjung. Aulia memesan makanan dan minuman di warung, selanjutnya menikmatinya di mobil.

"Sudah saya tunjukkan juga makan di mobil. Kalau ada pengunjung juga datang menggunakan mobil, silahkan makan di mobil. Minum juga di mobil. Kalau yang enggak ada, silahkan take away. Jadi, perputaran ekonomi juga tumbuh," sebutnya.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Demi Kepentingan Bersama

Wakil Wali Kota Medan mengakui telah mengingatkan Rakesh, agar ke depan untuk tidak lagi bertindak emosional.

"Enggak usah lagi emosi-emosi, kita saling memaafkan, kita saling terbuka. Ini demi kepentingan bersama untuk mencegah penularan Covid-19," ujarnya.

Aulia juga menghimbau masyarakat agar bisa saling bekerjasama dalam masa pandemi Covid-19, dengan diberlakukannya PPKM Darurat di Medan.

"Kami mohon doa supaya dimudahkan segala urusan kita. Semoga Allah cabut pandemi Covid-19 ini dari muka bumi, agar perekonomian bisa pulih," sebutnya.

Disampaikan Aulia, pertemuannya dengan Rakesh merupakan bentuk pendekatan humanis ataupun rasa kepedulian Pemko Medan, yang langsung turun ke bawah memberikan edukasi dan pemahaman ke masyarakat terkait PPKM Darurat.

"Bang Rakesh bisa menerima apa yang kami sampaikan. Dia akan bercerita dengan kawannya, dia akan bercerita dengan saudaranya, dan ini akan berjalan dengan mata rantai yang baik," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Sampaikan Permintaan Maaf

Pemilik Warkop DKI, Rakesh, menyampaikan terima kasih atas edukasi dan nasihat yang diberikan Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman. Rakesh juga menyampaikan permintaan maaf kepada Pemko Medan atas perlakuan dan tindakan yang dilakukannya kepada para petugas PPKM Darurat.

"Saya dan keluarga meminta maaf dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatan yang sama. Saya berharap petugas PPKM Darurat bisa lebih bertindak santun dan humanis kepada para pedagang saat razia," Rakesh menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.