Sukses

Mengenang Perjalanan Politik Bupati Lembata, Merintis Karier dari Akar Rumput

Nama lengkapnya Elyazer Yentji Sunur, atau biasa dipanggil Yance Sunur (YS) merupakan anggota DPRD Kota Bekasi dari Fraksi PDI Perjuangan. YS adalah kader akar rumput Moncong Putih.

Liputan6.com, Lembata - Nama lengkap Bupati Lembata, Elyazer Yentji Sunur, atau biasa dipanggil Yance Sunur (YS) merupakan anggota DPRD Kota Bekasi dari Fraksi PDI Perjuangan. YS adalah kader akar rumput Moncong Putih.

Memulai karir politiknya dari bawah sebagai ketua PAC (Pengurus Anak Cabang) kota Bekasi. YS juga pernah menjadi fungsionaris Dewan Pertimbangan Cabang (DPC) kota Bekasi.

Anggota DPR, Andreas Hugo Pareira (AHP) bercerita, sebagai salah satu ketua DPP PDI Perjuangan, awalnya dia agak ragu untuk merekomendasikan YS kepada Ketua Umum PDIP untuk diputuskan menjadi Cabup PDI Perjuangan.

YS memang asli putra Lembata, namun sudah cukup lama meninggalkan kampung halamannya merantau dan bergumul di Pulau Jawa sejak kuliah sampai dengan membangun karirnya sebagai politisi.

"'Halo ketua, izin ngobrol sebentar. Saya rencana mau pulang kampung. Bila diizinkan, saya ingin maju di Pilkada Lembata 2012'. Begitulah suara telepon di seberang dari Yance Sunur (YS) di suatu sore di akhir tahun 2010,” cerita Andreas Hugo Pareira (AHP) Anggota DPR RI Dapil NTT-1, mengenang kembali perjalan karir politik Bupati Lembata, kepada Liputan6.com, Sabtu (17/7/2021) malam.

Namun, melihat tekad YS yang membara untuk pulang kampung membangun daerah asalnya, dia pun akhirnya merekomendasikan YS untuk maju dalam Pilkada Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Melalui pergulatan pengambilan keputusan yang panjang, akhirnya YS dan Victor Madowatun (VM) diputuskan DPP PDI Perjuangan untuk maju Cabup-Cawabup pada Pilkada Lembata 2011.

“Sayapun ditugaskan oleh partai bersama Rano Karno untuk berkampanye memperjuangkan pasangan YS-VM (Lembata Baru). Kenangan yang tidak terlupakan, karena ribuan (mungkin puluhan ribu) masyarakat kota Lewoleba dan Lembata berkerumun di Bandara, menyambut kedatangan Jurkam Rano Karno alias Si Doel Anak Sekolahan,” ungkapnya.

Andre mengatakan, saat itu Rano Karno sendiri terkaget-kaget melihat manusia yang membludak menyambut dan mengarak Pasangan YS-VM ditemani Bang Doel mengelilingi kota Lewoleba.

Hasil pilkada YS-VM meskipun di putaran pertama di urutan ke-2, namun pada putaran kedua berkat kerja keras dari semua pendukung2nya akhirnya keluar sebagai pemenang dan terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Lembata.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sosok Pekerja Keras

“Jujur, saya angkat topi melihat keteguhan dan kegigihan perjuangan YS yang rela meninggalkan kenyamanannya di Bekasi dan kembali untuk bergumul dalam perpolitikan dan pemerintahan di Lembata dengan dinamika politiknya yang sangat tinggi,” bebernya.

Lima tahun memimpin Lembata dilewati YS dengan dinamika politik baik di pemerintahan maupun di internal partai yang lumayan menguras energi. Banyak perubahan, banyak kemajuan yang terjadi di Lembata.

Dalam salah satu percakapan dengan Rano Karno, si Doel sempat bertanya ke Andre 'Bagaimana dengan YS di Lembata, ada perubahan untuk daerah gak?'. "Secara bercanda saya menjawab, 'Bang Doel, kalau dulu waktu kampanye ente liat di kota Lewoleba kagak ada aspal semeterpun, sekarang kalau Ente ke Lewoleba jalan-jalan udah pade dihotmix'", Andre bercerita.

Harus diakui, YS dalam masa pemerintahannya membawa banyak perubahan untuk Kabupaten pemekaran dari induk Flores Timur ini.

“Sehingga tidak mengejutkan setelah lima tahun memimpin Lembata, YS pun dengan mudah kembali melenggang terpilih untuk periode ke-2, 2017-2022. Kali ini, karena dinamika internal PDI Perjuangan yang sangat tinggi, YS terpaksa berpisah dari partai yang dicintai, partai yang ikut dibesarkan dan membesarkannya sejak dari kota Bekasi,” ujarnya.

Dengan berat hati, karena tidak diusung oleh PDI Perjuangan, YS sempat berpamitan ke saya dan menyampaikan; "meskipun saya tidak diusung, tapi hati saya tetap bersama moncong putih". Hal ini dibuktikan YS dengan tetap menjadi mitra yang baik terhadap kawan-kawan kader PDI Perjuangan di Lembata setelah terpilih menjadi Bupati Lembata periode 2017-2022.

Bahkan setelah YS direkrut dan terpilih menjadi ketua Partai Golkar pun, pintu rumahnya selalu terbuka untuk kader-kader PDI Perjuangan. Dalam salah satu jamuan makan malam di rumah megahnya bak villa di pinggir kota Lembata, YS secara bergurau bercanda kepada saya dan beberapa fungsionari PDI Perjuangan Lembata;

"Kawan-kawan, baju saya sekarang memang kuning, tetapi darah saya tetap merah. Jadi jangan sungkan untuk tetap berkomunikasi dengan saya, meskipun baju kita berbeda. Selamat jalan kawan Yelizer Yenci Sunur. Perjuangan mu akan selalu dikenang di bumi Lewo Tanah Lembata,” tutupnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.