5 Kuliner Porsi Jumbo di Yogyakarta yang Bikin Kenyang Seharian

Oleh Switzy Sabandar pada 19 Jul 2021, 12:00 WIB
Diperbarui 19 Jul 2021, 12:00 WIB
Ilustrasi kuliner jumbo Yogyakarta
Perbesar
Ilustrasi kuliner jumbo Yogyakarta (Photo by Wengang Zhai on Unsplash)

Liputan6.com, Yogyakarta - Ragam kuliner Yogyakarta tak pernah ada habisnya, termasuk kuliner jumbo. Kuliner Yogyakarta yang disajikan dengan porsi jumbo ini cocok untuk Anda apabila ingin menghemat bujet.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut lima warung makan yang menyajikan kuliner dengan porsi jumbo di Yogyakarta

1. Warung Demen

Warung Demen termasuk warung makan legendaris di Yogyakarta, karena berdiri sejak 1998. Warung ini lebih dikenal dengan nama salah satu menu kulinernya, yang menjadi favorit banyak pelanggan yaitu ayam cha do jo.

Ayam cha do jo adalah ayam goreng tepung yang disiram dengan saus khas dari tempat makan ini, berisi sayuran ditambah dengan acar dan kerupuk. Saus dari ayam cha do jo cenderung memiliki rasa asam manis.

Keistimewaan dari ayam cha do jo adalah ukuran ayamnya yang begitu besar, sehingga bisa dimakan untuk dua orang sekaligus. Jangan heran apabila warung makan ini selalu dipadati dengan banyak pembeli.

Seporsi kuliner jumbo di Yogyakarta ini  dibanderol dengan harga Rp 14.000. Warung Demen buka setiap hari mulai pukul 17.30 sampai 23.00 WIB, Warung ini berada di Jl. Brotowali, Nologaten, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Mi Ayam Palembang

2. Mi Ayam Afui

Mi ayam yang berdiri sejak 2015 ini menyajikan mi ayam palembang dengan porsi yang jumbo. Warung makan ini bahkan membuat mi sendiri. Mi yang digunakan cenderung lebih kecil dan tipis seperti yamie.

Cara penyajiannya pun mirip seperti yamie, yaitu mangkuk mi disajikan terpisah dengan kuah. Jika pada umumnya mi ayam di Yogyakarta memiliki cita rasa manis, rasa mi ayam palembang Afui lebih bercita rasa asin dan gurih.

Mi ayam palembang Afui memiliki beberapa varian porsi yang ditawarkan, seperti porsi reguler, mini jumbo, jumbo, super, hingga monster. Harga yang dibanderol mulai dari Rp 8.000 untuk mie ayam biasa. Sementara, menu mie monster sendiri dipatok dengan harga Rp 25.000.

Mi ayam palembang Afui buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 19.00 WIB, cabang utama di belakang Universitas Atma Jaya, tepatnya di Jalan Tambak Bayan, Janti, Caturtunggal, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Nasi Goreng

3. Nasi Goreng Mas Wit

Warung sasi goreng Mas Wit menyajikan nasi goreng dengan porsi jumbo. Menu nasi gorengnya pun memiliki banyak pilihan isian seperti, ayam, cumi, petai, hingga kulit ayam.

Ragam porsi juga bisa dipilih, mulai dari porsi kecil sampai porsi besar. Tenang saja, harganya tidak bikin kantong jebol karena satu porsi dibanderol mulai Rp 12.000.

Warung nasi goreng Mas Wit buka setiap hari dari pukul 16.00 sampai 23.00. Warung ini beralamat di Jalan Bougenville, Karang Gayam, Caturtunggal, Depok, Kabupaten Sleman.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bakso untuk 25 Orang

4. Mi Ayam Pak Kemi

Mi ayam Pak Kemi merupakan salah satu pilihan bersantap mi ayam dengan cita rasa khas Yogyakarta, yakni dengan kuah yang manis. Keberadaan mi ayam ini cukup dikenal para penikmat mie ayam dengan porsi yang cukup banyak dan potongan daging ayam yang melimpah.

Menu utama dan satu-satunya yang ditawarkan oleh warung ini adalah mi ayam polos atau hanya mi dan ayam pada umumnya. Seporsi mi ayam di warung ini dibanderol harga mulai dari Rp 10.000.

Warung ini buka menjelang siang hari hingga sore atau malam hari, terletak di Jalan Pandega Marta, kampung Pogung Rejo, Dusun Pogung Kidul, Desa Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman.

5. Warung Lesehan Banyumili

Warung makan ini menyajikan aneka olahan bakso, menu andalannya adalah bakso berbentuk kerucut atau yang dikenal sebagai bakso tumpeng. Tidak hanya berbentuk tumpeng atau kerucut, bakso unik ini juga memiliki ukuran yang bervariasi dan disesuaikan dengan harga. Untuk bakso tumpeng dibanderol dengan harga mulai Rp 17.000, sedangkan ukuran terbesar dibanderol dengan harga Rp 400.000.

Bakso ukuran raksasa yang dijual di warung ini dapat disantap oleh 25 orang. Warung lesehan bayumili buka mulai pukul 08.30 sampai 20.30, warung ini terletak di Jl. Imogiri Timur. No.12, Singosaren, Wukirsari, Kecamatan. Imogiri, Kabupaten Bantul.

(Tifani)

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya