Sukses

Mengenal Candi Buddha Gunungkidul yang Diduga Lebih Tua Dibanding Prambanan

Candi Risan merupakan satu-satunya candi yang ditemukan di Gunungkidul dengan artefak yang cukup lengkap

Liputan6.com, Yogyakarta - Candi Risan merupakan satu-satunya candi yang ditemukan di Gunungkidul dengan artefak yang cukup lengkap.

Candi ini terletak di Dusun Risan, Desa Candirejo, Kecamatan Semin, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Keberadaan candi yang jauh dari pusat kota membuat nama Candi Risan jarang terdengar.

Konon nama Risan diambil dari singkatan irisan atau perbatasan. Sebab dulu candi ini terletak di perbatasan Kerajaan Keraton Surakarta dan Keraton Yogyakarta.

Candi Risan diduga merupakan candi Buddha karena ditemukan bagian yang menyerupai stupa. Selain itu ditemukan juga beberapa komponen seperti ratna, makara, artefak, dan batu berukir. Namun sayangnya hampir semua batu tersebut aus sehingga sulit diidentifikasi.

Candi Risan berukuran 13x13 meter, terbuat dari batu putih yang sudah tidak tertata lagi, terutama di bagian bawah.

Ditambah lagi, kondisi batu tersebut mudah rusak karena panas dan hujan serta kondisi tanah yang mudah longsor, sehingga bentuk aslinya sudah tidak terlihat lagi.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diduga Lebih Tua dari Prambanan

Candi Risan berukuran 13x13 meter, terbuat dari batu putih yang sudah tidak tertata lagi, terutama di bagian bawah. Ditambah lagi, kondisi batu tersebut mudah rusak karena panas dan hujan serta kondisi tanah yang mudah longsor, sehingga bentuk aslinya sudah tidak terlihat lagi.

Meski tidak ditemukan prasasti yang menunjukan tahun pembangunannya, usia Candi Risan diperkirakan lebih tua dari Candi Prambanan. Beberapa pendapat mengatakan Candi Risan memiliki hubungan dengan kebudayaan Sungai Oyo yang letaknya tak jauh dari candi tersebut.

Selain itu, candi ini dipercaya sebagai saksi sejarah pelarian prajurit Majapahit ke Gunungkidul. Namun hal itu perlu dibuktikan dengan penelitian lebih lanjut mengenai situs candi ini.

Saat ini, kondisi Candi Risan sudah tidak berbentuk lagi dan hanya menyisakan puing-puing. Kompleks Candi Risan di Gunungkidul belum dipugar, tetapi telah diberi pagar pembatas yang mengelilingi area candi.

(Tifani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.