Sukses

2 Pelaku Perusakan Mobil Ambulans Milik SAR DIY Berhasil Diamankan

Polisi langsung menjemput kedua pelaku perusakan ambulans milik SAR DIY di tempat persembunyiannya dan membawanya ke Mapolsek Piyungan.

Liputan6.com, Yogyakarta - Dua orang pelaku perusakan mobil ambulans milik Relawan Indonesia SAR DIY berhasil diamankan oleh jajaran polisi. Selasa (13/7/2021) malam, dua orang pelaku masing-masing IY (28) warga Padukuhan Wanujoyo Lor dan A (18) warga Padukuhan Wanujoyo Kidul Kalurahan Srimartani Kapanewon Piyungan digelandang ke Mapolsek Piyungan.

Kapolsek Piyungan Kompol Suraji ketika dikonfirmasi membenarkan bahwa polisi telah berhasil mengamankan dua orang pelaku perusakan mobil ambulans. Setelah viral di media sosial, polisi langsung bergerak cepat melakukan penyelidikan mendapatkan identitas kedua pelaku.

"Setelah dapat informasi langsung kami gerakan semua anggota untuk mencari pelaku, Alhamdulillah pukul 21.00 WIB pelaku dapat kami dapatkan, ada dua orang pelaku," tutur Kompol Suraji melalui nomor pribadinya, Rabu (14/7/2021).

Polisi langsung menjemput kedua pelaku di tempat persembunyiannya dan membawanya ke Mapolsek Piyungan.  Kedua pelaku langsung dibawa ke Mapolres Bantul untuk pemeriksaan lebih lanjut terkait dengan aksi perusakan yang mereka lakukan.

Selain kedua pelaku, polisi juga berhasil mengamankan barang bukti motor dan helm yang mereka gunakan untuk merusak kaca belakang mobil ambulans tersebut. Kini kedua pelaku tengah menjalani pemeriksaan intensif di Mapolres Bantul.

"Ini menjadi pembelajaran kita semua," dia menerangkan.

Dari informasi yang berhasil dikumpulkan, aksi perusakan tersebut terjadi di Jalan Piyungan-Prambanan KM 1 Dusun Wanujoyo Kidul Srimartani Piyungan sekitar pukul 16.00 WIB. Saat itu, sebuah ambulans dikemudikan oleh AA, warga Gadungsari wonosari Wonosari Gunung Kidul membawa seorang pasien karena sakit.

Semula mobil ambulans berjalan dari arah selatan (Piyungan) menuju Prambanan. Sesampainya di Simpang Tiga Wanujoyo Kidul pelaku IY yang saat itu mengendarai motor berboncengan dengan A dari arah selatan hendak menyeberang ke timur tidak bersedia minggir.

Tak hanya itu, keduanya juga sengaja berjalan zigzag menyebabkan laju ambulans terhambat. Sopir kemudian turun dan terjadilah adu mulut antara korban dengan pelaku. Kemudian terjadilah aksi perusakan tersebut.

Oleh warga sekitar, kedua belah pihak dilerai, kemudian mereka sama-sama pergi meninggalkan TKP. Dua pelaku tersebut masing-masing adalah IY (28) lelaki yang berprofesi sebagai sopir truk asal Wanujoyo Lor, Piyungan Bantul dan A (18) buruh asal Wanujoyo Kidul Piyungan Bantul.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.