Sukses

Selebgram Kazakhstan Dayana Asembayeva Nikmati Aroma Khas Kopi Bengkulu

Selebgram Dayana Asembayeva asal negara Kazakhstan terlihat sangat menikmati saat meneguk secangkir kopi Bengkulu yang dihidangkan.

Liputan6.com, Bengkulu - [Selebgram](Selebgram "") Internasional Dayana Asembayeva asal negara Kazakhstan mengaku sangat suka saat menikmati kopi asal Bengkulu. Selebgram pemilik akun Instagram Demi Demik yang memiliki jumlah pengikut atau followers lebih dari satu juta tersebut terlihat sangat menikmati saat meneguk secangkir kopi Bengkulu yang dihidangkan dalam kegiatan Virtual Coffee Session di Keduataan Besar Republik Indonesia untuk Kazakhstan.

"Saya baru pertama kali mencoba, sangat enak, ada aroma khas saat meminumnya," ujar Dayana di Nur Sultan (12/7/2021).

Dia mengaku senang saat ditunjuk menjadi duta Kopi Bengkulu untuk negara Kazakhstan. Bersama komunitasnya, selebgram Dayana berjanji akan mempromosikan dan memperkenalkan Kopi Bengkulu supaya bisa dinikmati lebih banyak orang dan disukai di negaranya.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan di saat serba keterbatasan saat pandemi ini bukan menjadi halangan bagi warga Bengkulu untuk terus memperkenalkan dan memasarkan produk kopi Bengkulu meski hanya melalui aplikasi virtual yang berbasis jaringan internet. Meskipun tidak bisa secara langsung ke negara Kazakhstan, melalui aplikasi yang dibuat secara khusus ini kita bisa memperkenalkan keunggulan kopi Bengkulu.

Jika di Aceh ada Gayo, maka Bengkulu ada Bencoolen Coffee yang memperkenalkan robusta petik merahnya, bahkan Bencoolen Coffee ini pernah menjuarai tiga penghargaan terbaik dunia pada ajang kontes yang diadakan negara Perancis. Pemerintah Provinsi Bengkulu akan membuka keran kerja sama dengan Kazakhstan melalui KBRI dalam rangka kerja sama ekspor kopi ke negara pecahan Uni Soviet tersebut.

"Kita sangat senang karena Dayana juga mengaku sangat menyukai kopi Bengkulu dan berjanji akan menjadi brand ambassador kita di sana," ujar Rohidin.

Dia berharap melalui acara Ngopi Bareng Dayana bisa menjadi pintu masuk utama untuk mengenalkan Kopi Bengkulu yang memiliki rasa unik ini secara nasional bahkan mendunia. Gubernur Rohidin juga secara terbuka mengundang Dayana Asembayeva dan seluruh masyarakat Indonesia hingga dunia untuk sewaktu-waktu datang ke Bengkulu menikmati secangkir kopi dan menikmati indahnya alam Bengkulu.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Kazakhstan, Rahmat Pramono, mengatakan Bencoolen Coffee sebagai salah satu yang memiliki visi progresif dalam mengenalkan kopi Indonesia ke kancah dunia. Pihak Bencoolen juga telah menghubungi kedai kopi di Kazakhstan dan setuju untuk melanjutkan kerja sama lebih lanjut. Data statistik juga menunjukkan, sejak dua tahun terakhir KBRI Nur Sultan mulai fokus impor biji kopi ke Kazakhstan dari Indonesia.

"Bencoolen Coffee diharapkan dapat menjadi bagian dari peningkatan impor biji kopi dari Indonesia," ujar Rahmat.

Lucky Widja CEO Bencoolen Coffee mengatakan, di Indonesia begitu banyak kopi dan salah satunya kopi asal Bengkulu yang terkenal dengan robustanya, karena Bengkulu merupakan provinsi ketiga terbesar di Indonesia penghasil robusta.

Terobosan untuk menembus pasar dunia terus dilakukan, salah satunya di Kazakhstan, meskipun kegiatan promosi hanya dilakukan secara virtual namum cara ini cukup efektik dilakukan semasa pandemi.

Pihaknya akan mencoba mengembangkan kedai kopi Bengkulu di negara tersebut, karena kopi yang dijual merupakan olahan khusus, yaitu robusta petik merah, dijemur menggunakan rumah jemur sehingga menghasilkan kopi premium yang sempurna. Apalagi dibantu Selebgram Dayana di sana, kopi Bengkulu bisa menarik perhatian masyarakat Kazakhstan.

"Produk kopi termasuk dalam prioritas utama untuk dipromosikan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di seluruh dunia," kata Lucky Widja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.