Sukses

Covid-19 Merajalela, Simpul Gotong Royong Jadi Senjata Terakhir Bantu Pasien Isoman

Di Kota Serang Banten, warga saling bantu memastikan pasien Covid-19 bergejala yang isolasi mandiri mendapat penanganan medis.

 

Liputan6.com, Serang - Simpul-simpul gotong royong warga terbentuk secara alamiah di tengah pandemi Covid-19 yang makin merajalela di Indonesia. Di Kota Serang Banten, warga saling bantu memastikan pasien Covid-19 bergejala yang isolasi mandiri di rumah mendapat penanganan yang sesuai. Mulai dari penyediaan oksigen gratis, hingga vitamin, dan sembako. 

Bagi masyarakat yang membutuhkan oksigen medis, bisa mendatangi rumah singgah (rumsing) yang dikelola oleh relawan FesbukBantenNews dan Pokja Relawan Banten.

Namun perlu mengantre dan bersabar, lantaran ketersediaan tabung hanya ada empat unit, itupun titipan dari masyarakat yang memiliki tabung oksigen medis dan ingin membantu warga yang sedang isoman. Jika enggan keluar rumah, pasien isoman bisa menghubungi relawan bernama Adhi di nomor 0878-0866-6319 dan Fajar, 0812-9144-2556.

"Kasus Covid di Banten melonjak, tabung oksigen jadi mahal. Kami quick respons relawan Banten menerima titipan dan meminjamkan tabung oksigen beserta kelengkapannya," kata Lulu Jamaludin, koordinator Pokja Relawan Banten, Selasa (13/7/2021).

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bantuan Sembako Hingga Vitamin Gratis

Bantuan sembako hingga vitamin juga dibagikan oleh DPD Demokrat Banten ke pasien isoman. Sementara ini, partai berlambang bintang mercy baru menyediakan 300 paket bantuan, karena terbatasnya vitamin di pasaran.

Nantinya, jika mudah mendapatkan vitamin maupun obat-obatan, tidak menutup kemungkinan menambah jumlah bantuan. Bantuan di utamakan bagi masyarakat kurang mampu yang terpapar covid-19 dan membutuhkan sembako, oksigen hingga obat-obatan.

"Dalam rangkai Partai Demokrat peduli, masyarakat kita yang sedang isoman, memberikan sedikit sembako, ada obat-obatan, vitamin, agar saudara kita yang sedang isoman bisa sedikit terbantu," kata Wakil Ketua DPD Demokrat Banten, Syahril Fauzi, Selasa (13/07/2021).

Jika warga kebingungan untuk mendapatkan bantuan, bisa menghubungi Pokja Relawan Banten, FesbukBantenNews, Lebak Sehati hingga Charity, yang diakui Syahril, sudah bekerjasama dengan mereka. Bisa juga menghubungi akun medsos resmi DPD Demokrat Banten.

"Kita dapat info dari relawan di Banten, kemudian disampaikan ke DPD Banten. Bisa koordinasi ke relawan yang sudah ada, Pokja Banten," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Polri Bagikan Beras Bagi Warga Terpapar Covid-19

Warga terdampak covid-19 juga mendapatkan bantuan berupa beras dari Polri, yang dibagikan oleh Polsek Serang, ke SH, warga Kelapa Dua, Kelurahan Kagungan, Kota Serang, Banten, yang sedang melakukan isoman dirumahnya.

"Kita bagikan sembako berupa beras ke pasien yang sedang isoman. Masyarakat sekitar juga kita himbau terus mematuhi prokes covid-19, pakai masker hingga menghindari kerumunan," kata Kapolsek Serang, Kompol Bambang Wibisono, Selasa (13/07/2021).

Salah satu pasien isoman, FLD (43), warga perumahan BIP Kota Serang, yang di vonis positif covid-19 pada 28 Juni 2021, mengaku sulit mendapatkan obat, vitamin hingga oksigen di Ibu Kota Banten. Meski ada apotek yang menyediakan, suaminya harus menebus dengan harga yang sangat mahal.

"Udah keliling ke apotek di Kota Serang, enggak dapet, udah lama kosong. Sempet dapet, tapi mahal. Sempet minta bantuan oksigen ke Mang Lulu (relawan FBn), kalau beli kan mahal," kata Herman, suami dari FLD, ditemui dikediamannya, Selasa (13/07/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.