Sukses

Aksi Petugas Rutan Pekanbaru Duel dengan Tahanan yang Coba Kabur

Petugas Rutan Pekanbaru menggagalkan upaya tiga tahanan untuk kabur setelah menjebol terali besi dan memanjat tembok tahanan.

Liputan6.com, Pekanbaru - Petugas Rutan Sialang Bungkuk, Pekanbaru, menggagalkan upaya kabur tiga warga binaan. Ketiga tahanan itu berhasil membobol terali ruang pengasingan dan berpindah ke ruangan lain untuk kabur.

Kepala Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru M Lukman menjelaskan, upaya tahanan kabur ini terjadi pada Sabtu dini hari, 10 Juli 2021. Upaya tersebut ketahuan ketika petugas mengecek ruang strap sel tempat ketiganya dihukum.

"Saat itu lampu di ruangan padam, setelah dicek tidak ada tiga tahanan di dalamnya," kata Kepala Rutan Kelas I ini, Minggu malam, 11 Juli 2021.

Keadaan ini dilaporkan ke kepala regu pengamanan. Pihak Rutan siaga dan menyisir sejumlah lokasi di dalam karena petugas yakin ketiganya belum berhasil keluar ke pemukiman masyarakat sekitar.

Petugas mengecek ruangan yang disebut dengan beranggang. Di sana, petugas melihat warga binaan berinisial IP berada di atas tembok dan berhasil dilumpuhkan untuk dikembalikan ke tahanan.

"Tak lama kemudian, petugas menemukan warga binaan lain inisial FH di ruangan lain," kata Lukman.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dijatuhkan Sanksi

Sudah mendapatkan dua warga binaan yang mencoba kabur, petugas terus mencari tahanan lainnya inisial UAH. Sejumlah lokasi sudah disisir tapi tahanan terakhir ini tak terlihat.

"Setelah menyisir area luar Rutan, petugas melihat warga binaan UAH sedang berlari," jelas Lukman.

Regu pengamanan berhasil mengejar UAH. Penangkapan warga binaan terakhir ini cukup menyita tenaga petugas karena berusaha melawan sehingga terjadi perkelahian.

"Sempat terjadi pergumulan hingga akhirnya tahanan ketiga ini berhasil ditangkap dan dibawa ke ruangannya lagi," kata Lukman.

Dalam kejadian ini, petugas menyita kain sarung untuk memanjat dan mematahkan terali besi. Potongan terali besi ini juga dijadikan sebagai barang bukti.

"Tiga tahanan kabur ini, dua terlibat narkoba dan satu pencurian, ketiganya akan diberi sanksi," tegas Lukman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.