Sukses

Cerita Warga Kabupaten Majalengka Bantu Warga Isoman Covid-19

Semangat membantu warga yang sedang isolasi mandiri di Majalengka perlu mendapat apresiasi dari pemerintah dan instansi terkait.

Liputan6.com, Majalengka - Dukungan moral dan psikis menjadi salah satu faktor utama dalam upaya menyembuhkan diri dari Covid-19 terutama bagi pasien yang sedang isolasi mandiri (isoman).

Belakangan, isolasi mandiri menjadi salah satu cara masyarakat yang terpapar Covid-19 di tengah keterisian tempat tidur di rumah sakit. Kondisi tersebut membuat sejumlah warga di Perumahan Asabri Kelurahan Simpeureum Kabupaten Majalengka Jawa Barat.

Mereka berinisiatif membangun kepedulian bagi warga yang sedang isolasi mandiri di rumah. Ketua RT 14 RW 05 Jejep Falahul Alam menuturkan, klaster rumah tangga menjadi tren penularan Covid-19.

"Terakhir tercatat ada 8 warga kami yang terpapar virus corona dari berbagai klaster. Kami bangun rasa kepedulian agar yang isoman sembuh," ujar Jejep, Minggu (11/7/2021).

Jejep mengaku sudah berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Kabupaten Majalengka untuk bersama memantau perkembangan warganya yang sedang melakukan isoman.

Selain itu, dia bersama warga sekitar gotong royong saling membantu dengan memberikan bantuan sembako kepada pasien Covid-19 yang isoman di rumah.

"Ini inisiatif pengurus RT dan musyawarah warga untuk membantu meringankan beban warga yang terkonfirmasi positif Covid-19," ujarnya.

Bantuan yang diberikan berupa vitamin untuk memperkuat imun tubuh dan juga kebutuhan sembako. Sementara itu, dana bantuan pangan berasal dari iuran warga.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Motivasi

Oleh karena itu, dia berharap gerakan yang diinisiasinya dapat memotivasi warga lain untuk saling membantu, terutama dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Cara yang paling efektif menghentikan penyebaran virus corona juga partisipasi warga agar tidak kendor menerapkan prokes Covid-19, memohon doa kehadirat Allah Swt, dan mengikuti program vaksinasi serta mentaati segala imbauan yang digulirkan oleh pemerintah, untuk kebaikan dan kesehatan bersama,"paparnya.

Namun demikian, kata dia, bantuan yang diberikan pengurus RT tidak rutin setiap hari. Dia mengajak kepada seluruh elemen masyarakat maupun pengusaha untuk bersama-sama membantu warga yang sedang isoman.

"Intinya, kami mengajak semua perusahan yang ada di Kabupaten Majalengka untuk peduli dan gotong royong ikut mengantisipasi penyebaran Covid-19 dan menguatkan berbagai langkah agar pandemi ini penyebarannya bisa ditekan dan bisa segera berakhir," dia menandaskan.

Ketua RW 05 Perum Asabri Herman Suherman menambahkan, bantuan juga selain berasal dari pengurus RT ada juga dari Satgas Covid-19 tingkat kelurahaan.

Namun, bantuan yang diberikan saat ini jumlahnya terbatas mengingat ledakan kasus Covid-19 hampir terjadi di setiap RT se-kelurahaan Simpeureum.

"Kami juga dari pengurus RW akan terus berupaya secara maksimal bersama- sama bergotong royong untuk menekan penyebaran Covid-19, termasuk dampaknya bagi masyarakat," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.