Sukses

Kekesalan Danny Pomanto saat Camat dan Lurah Tak Sosialisasikan Progam Makassar Recover

Sejumlah camat dan lurah kedapatan tidak mensosialisasikan program Satgas Detektor ke masyarakat. Hal itu pun membuat Wali Kota Makassar kesal.

Liputan6.com, Jakarta Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto terjun langsung untuk memantau kegiatan deteksi warga yang terpapar Covid-19 oleh Satgas Detektor Makassar Recover di sejumlah kelurahan. Satgas Detektor adalah satgas ketiga dari program Makassar Recover setelah Satgas Pengurai Keramaian (Raika) dan Satgas Covid Hunter. 

Wali kota yang akrab disapa Danny Pomato itu mengaku kecewa lantaran banyak warga yang ternyata tidak mendapatkan sosialisasi bahwa akan ada relawan Satgas Detektor yang akan datang dari rumah ke rumah warga. Kejadian itu terjadi saat Danny Pomato memantau kegiatan Satgas Detektor di Jalan Rajawali, Kecamatan Mariso.

"Hari pertama ini saya dapatkan kekacauan nyatanya banyak warga yang tidak tahu bakal ada pendataan dan pemeriksaan kesehatan gratis. Lalu tim detektornya kasian tidak sesuai urutan rumah yang dia periksa. Masa dari ujung lorong baru ke ujung lorong lalu kembali lagi ke tengah. Ini menyiksa tim detektor kita,” ucap Danny, Sabtu (10/7/2021). 

Danny mengatakan hal itu terjadi lantaran kurangnya dukungan pihak camat dan lurah tentang program Satgas Detektor Makassar Recover ini. Danny pun mengaku bahwa ia tidak akan menolerir tindakan tersebut.

"Jadi, ternyata ini camat dan lurah yang kurang responsif sama ini program. Hari ini saya maafkan. Tapi kalau hari kedua masih begini, saya tidak segan-segan mengganti. Saya butuh orang yang kerja bukan ogah-ogahan kepada warganya," tegas Danny.

Apa yang terjadi di Kecamatan Mariso justru berbanding terbalik dengan yang terjadi di Kecamatan Ujung Pandang. Satgas Detektor yang bertugas di sana bisa bekerja secara terstruktur dan rapih. 

 

"Alhamdulillah di kecamatan ini terlihat beda. Kelihatan mana yang memang mengedukasi dan menginfokan warganya jika ada program pemerintah pendataan pemeriksaan kesehatan gratis demi menekan penyebaran Covid-19," paparnya.

Awal Ramadan, salah seorang warga yang berada di Jalan Gunung Lompobattang, Kecamatan Ujung Pandang mengaku telah mendapatkan informasi tentang kegiatan Satgas Detektor ini sejak jauh-jauh hari. Ia pun mengaku bahwa kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat bagus. 

"Jadi saya memang tunggu-tunggu ini Satgas Detektor datang. Harus sabar karena setiap rumah yang diperiksa. Saya tunggu karena kapan lagi saya periksa kesehatanku gratis dan didatangi pula,” sebutnya.

 

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.